Penguatan Literasi Anak Korban Kekerasan di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aswat, Hijrawatil, and Andi Lely Nurmaya G. “Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi
Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 1 (2019): 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302.
Cahya, Anisa Nilam, and Arief Hidayat. “Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan” 2,
no. 1 (2022): 13–21.
Dinsos Kaltim. “UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma.” Humas Dinsos, 2018.
https://dinsos.kaltimprov.go.id/uptd-panti-sosial-perlindungan-anak-dharma/.
Fajar Kurniadi, Hilda Hilaliyah, Nicky Rosadi. “UPAYA PENGUATAN
PEMAHAMAN MENULIS DESKRIPSI DAN NARASI PADA PENULISAN BUKU LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA PAUD DI DEPOK.” Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 3 (2018): 231–37. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/2669/2183.
Hakim, Lukman. “Pelatihan Karya Tulis Dan Majalah Dinding Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah
Jempong Ampenan Mataram.” TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 14, no. 2 (2018): 101–10. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.583.
Håklev, Stian. “DigitalCommons @ University of Nebraska - Lincoln Community Libraries in Indonesia : A Survey of Government-Supported and Independent Reading Gardens,” no. March 2010 (2017).
Handayani, Tugas Utami. “Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter.” Jurnal Literasi 4, no. 1 (2020): 67–69.
Hidayatulloh, Panji, Ayu Solihatul, Endah Setyo, Rosita Husna Fanantya, Sekar Mustika Arum, Ririn Tri Utami
Nurul Istiqomah, and Shandy Novilia Purwanti.
“Peningkatan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Pojok Baca Di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan
Colomadu.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 1, no. 1 (2019): 6– 11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301.
Hikmawati, Elok. “Edukasi Dan Konsultasi Terhadap Aspek Hukum Kekerasan
Seksual Pada Anak (KSTA) Pada Masyarakat Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.” Masyarakat
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Jurnal Abdimas. Vol. 5, 2019.
Intan, Yogyakarta, Rawit Sapanti, and Hana Farida. “Pelatihan Menulis Artikel Feature Bagi Penyandang Disabilitas
Netra Di,” n.d., 1274–79.
Kemendikbud. “KBBI Kemendikbud Online.” Accessed January 19, 2022.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/motivasi.
Kurniawan, Agung Rimba, Destrinelli Destrinelli, Suci Hayati, Rahmad Rahmad, Juwi Riskayanti, Intan Sefti Wasena, and Yanuar Triyadi. “Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar
, no. 2 (2020): 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562.
Kurniawan, Wahyu, Anam Sutopo, and Minsih. “Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura.” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021): 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31.
Liyanto, Gagas Dio Agus dan Nur Endah Nufida. “Penanganan Anak Korban Kekerasan Dengan Menggunakan Metode Ecobehavior.” Sains Dan Seni ITS 6, no. 1 (2017): 31–33.
https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/22639/3733.
Nafisah, lu, Aisyah Aprilicicilana Aryani, Yuditha Nindya Kartika Rizqi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, and Universitas Jenderal Soedirman. “Pelatihan Keterampilan Hidup Untuk Melindungi Remaja Dari Kekerasan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 12, no. 3 (2021): 456–65. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
Nur, Adam Muhammad, Yasir Mubarok, Washadi Washadi, and Eris Risnawati.
“PELATIHAN PENULISAN CERPEN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 8 KOTA TANGERANG SELATAN.” JURNAL
CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat 2, no. 2 (June 29, 2020): 148– 61.
https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.910.
Nuswantara, Kartika. “Photo-Voice : Optimalisasi Peran Taman Baca Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Penguatan
Literasi Danpengembangan Laboratorium Pembelajaran Sepanjang Hayat.” IPTEK Journal of Proceedings Series
, no. 5 (2018): 90. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4427.
Praheto, B E, D W Andini, A E Susetyo, and N D Saputri. “Pelatihan Menulis Puisi Untuk Anak-Anak Di Dusun Sarekan Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi,” 2021, 312–16. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ppmust/article/view/11282%0Ahttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ppmust/article/download/11282/4479.
Pramana, Dian, Lilis Yuningsih, and Wayan Agus Suka Dana. “Pelatihan Desain Kartu Ucapan Pada Usaha Florist.” WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer 2, no. 3 (2020): 123–30. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.207.
Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd., M.S.E. Nur Berlian Venus Ali, S.S. Wien Muldian, S.Pd. Miftahussururi, M.Pd. Nur
Hanifah, B.SoC. Meyda Noorthertya Nento, and S.Hum. Qori Syahriana Akbari. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Edited by M.Hum. Dr. Luh Anik Mayani. Kemendikbud, 2017. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduangln.pdf.
Purwaningrum, Prapti Wigati. “Implikatur Percakapan Dan Pemaknaan Simbol (Dalam Serial Anak Upin Ipin Eps.
Raya Yang Makna).” Wanastra IX, no. 1 (2017): 54–59.
Qomaria, Aulia Lutfiana. “Literasi Media Khalayak Pada Tayangan Talkshow Rumpi No Secret Di Trans TV.”
COMMENTATE: Journal of Communication
Management 1, no. 1 (2020): 83. https://doi.org/10.37535/103001120207.
Ramlah. “Pelaksanaan Fungsi UPTD Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda Dalam Upaya
Perlindungan Anak.” EJurnal Administrasi Negara Unmul 5, no. 3 (2017).
Riduan Achmad, Refi, Fahmi Fadillah Septiana, Nur Syamsi, Bobby Suryo Prakoso, and Hafifah Bella Novitasari.
“Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Dalam Melakukan Transaksi Pengembalian Buku
Di Perpustakaan.” Metik Jurnal 5, no. 1 (2021): 63–70. https://doi.org/10.47002/metik.v5i1.219.
Santoso, Hari. “Majalah Dinding Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Budaya Baca
Siswa,” 2007, 1–17.
Sueca, I Nengah, and Ni Wayan Sri Darmayanti. “Pembinaan Dan Pembimbingan Kegiatan Literasi Dasar Dalam
Pembelajaan Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Anak-Anak Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih.”
SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4, no. 1 (2020): 557.
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3388.
Suyono. “Wawancara.” Samarinda, n.d.
Syamsi, Nur. “Implementation of Community Service-Based Indonesian Learning at UINSI Samarinda” 04, no. 02 (2022): 157–70.
Wahidin, Unang. “Literasi Keberagamaan Anak Keluarga Marjinal Binaan Komunitas Di Kota Bogor.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 02 (2017): 14. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.182.
Zen, Ella Faridati, Diniy Hidayaturrahman, Widya Multisari, Jurusan Bimbingan, and Dan Konseling. “Pelatihan Perilaku Respek, Empati Dan Asertif Melalui Metode Role Play Untuk Mencegah Bulying Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2020): 40–47.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v11i1.3534
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v11i1.3534.g2875
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia