PENGGUNAAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS III UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS ARGUMENTASI

Fera Zasrianita

Abstract


This research aimed to describe the use of Learning Starts with a Question method
‘Bahasa Inggris III’ subject to improve of reading comprehension in argumentation text on
fourth students of Pendidikan Agama Islam program class D in Tarbiyah and Tadris faculty of
State Institute of Islamic Studies


Keywords


Learning starts with a Question method, reading comprehension, argumentation text

References


Ahmad, Listiyanto. 2010. Speed Reading: Teknik dan Metode Membaca Cepat. Yogjakarta.

Penerbit A Plus Books.

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna A. 2005. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis

dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Cahyani, Isah. 2012. Mari Belajar Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Kementerian Agama Republik Indonesia.

Damila, Jumita. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan

Menggunakan Metode SQ3R Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Tidak

dipublikasikan.

Fuad Asnawi. 2013. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan

Teknik Skema. Pelangi Pendidikan (

Hurmali, Tarcy. 2011. Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogjakarta: Sophia Timur

Publisher.

Joyce, Bruce. Dkk. 2009. Models of Teaching. Penerbit Pustaka Pelajar.

Kardimin. 2011. English for Islamic Learning for College Students. Penerbit: Mizania. Bandung.

Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Direktorat Jenderal Perguruan

Tinggi. Proyek Penelitian Guru SD.

Keraf, Gorys. 1994. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan II. Jakarta: Gramedia.

Keraf, Gorys. 1993. Komposisi: Sebuah Kemahiran Berbahasa. Flores: Nusa Indah.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa

Indonesia Cetakan 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Mujiono. 2012. Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan

Multisensori Pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Scientia Jurnal Bahasa. Volume 4, Nomor

, Juni 2012.

Nurhadi. 1987. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga.

Yogjakarta: BPFE.

_________________. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Edisi

Pertama. Yogjakarta: BPFE.

Nuttal, Christine. 1982. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. Heinemann

Educational Books London.

Soedarsono. 2010. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta. Penerbit PT

Gramedia Pustaka Utama

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Rusyana, Yus. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta: Kurnika UT.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur.. 1979. Membaca Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mjppm.v1i1.2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

   

 

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats