PENGGUNAAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS III UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS ARGUMENTASI
Abstract
This research aimed to describe the use of Learning Starts with a Question method
‘Bahasa Inggris III’ subject to improve of reading comprehension in argumentation text on
fourth students of Pendidikan Agama Islam program class D in Tarbiyah and Tadris faculty of
State Institute of Islamic Studies
Keywords
References
Ahmad, Listiyanto. 2010. Speed Reading: Teknik dan Metode Membaca Cepat. Yogjakarta.
Penerbit A Plus Books.
Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna A. 2005. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis
dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Cahyani, Isah. 2012. Mari Belajar Bahasa Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
Damila, Jumita. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan
Menggunakan Metode SQ3R Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Tidak
dipublikasikan.
Fuad Asnawi. 2013. Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan
Teknik Skema. Pelangi Pendidikan (
Hurmali, Tarcy. 2011. Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogjakarta: Sophia Timur
Publisher.
Joyce, Bruce. Dkk. 2009. Models of Teaching. Penerbit Pustaka Pelajar.
Kardimin. 2011. English for Islamic Learning for College Students. Penerbit: Mizania. Bandung.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Direktorat Jenderal Perguruan
Tinggi. Proyek Penelitian Guru SD.
Keraf, Gorys. 1994. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan II. Jakarta: Gramedia.
Keraf, Gorys. 1993. Komposisi: Sebuah Kemahiran Berbahasa. Flores: Nusa Indah.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa
Indonesia Cetakan 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Mujiono. 2012. Model Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan
Multisensori Pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Scientia Jurnal Bahasa. Volume 4, Nomor
, Juni 2012.
Nurhadi. 1987. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga.
Yogjakarta: BPFE.
_________________. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Edisi
Pertama. Yogjakarta: BPFE.
Nuttal, Christine. 1982. Teaching Reading Skills in a Foreign Language. Heinemann
Educational Books London.
Soedarsono. 2010. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta. Penerbit PT
Gramedia Pustaka Utama
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Rusyana, Yus. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta: Kurnika UT.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur.. 1979. Membaca Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mjppm.v1i1.2235
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia