ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL DI KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian tentang perilaku yang mendasari kedua konsumen saat ini dan calon dalam industri perbankan merupakan masalah penting. Pilihan konsumen di lembaga perbankan memilih tidak hanya ditentukan oleh faktor ekonomi tetapi juga dapat mempengaruhi faktor nonekonomi, seperti sikap dan keyakinan mereka. Artikel ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang bisa membedakan pilihan konsumen tentang memilih layanan perbankan; antara bank konvensional dan syariah. Sampel penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok; syariah pelanggan, nasabah bank konvensional, dan pelanggan dari kedua syariah dan bank konvensional. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling terletak di kota di mana terdapat kedua syariah dan kantor bank konvensional. Responden penelitian bervariasi berdasarkan karakteristik demografi . Selanjutnya, untuk menentukan dimensi faktor yang mendasari keputusan pembelian pelanggan dalam memilih bank, penelitian ini menggunakan analisis faktor. Hasil faktor anlysis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam dimensi yang mendasari keputusan mereka dalam memilih bank. Dalam kasus bank syariah, ada beberapa dimensi, yaitu; persepsi, jual personnal, keluarga, biaya dan manfaat, agama dan keyakinan. Sementara bagi bank konvensional dimensi yang mendasari seperti dipengaruhi oleh rasional motivasi, biaya dan manfaat, keluarga, kegiatan promosi, dan gaya hidup. Analisis lebih lanjut melalui analisis crosstab, terdapat beberapa hubungan antara beberapa dimensi yang digunakan dalam penelitian ini. Hubungan tersebut telah ditemukan antara umur, pendapatan, tingkat pendidikan, pekerjaan dan jenis perbankan yang responden memilih. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi repondent pada bunga dan jenis bank yang mereka pilih. Dengan kata lain, mayoritas responden penelitian ini tidak setuju dengan prinsip bunga namun mereka masih memilih untuk berurusan dengan lembaga perbankan berdasarkan alasan ekonomi mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N dan Haron, S. Perception of Malaysian Corporate Customers Toward Islamic Banking Products & Services, International Journal of Islamic Financial Service, 2001.Vol. 3 No. 4.
Almossawi, M. Bank selection criteria employed by college students in Bahrain: an emperical analysis, The International Journal of Bank Marketing, Vol.19 No. 3, pp 115.
Bank Indonesia. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Jawa Barat. Jakarta. . 2001.
Bank Indonesia. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Sumatera Barat. Jakarta. 2001.
Boyd, W., Leonard, M., & White, C. Customer preferences for financial services: an analysis, International Journal of Bank Marketing, 1994. Vol. 12 , No.1, pp 9-15.
Coyle, T. The bank of tomorrow, American Community Banker, 1999. Vol 8 No.7, pp. 16-18
Ho, P. F., Ong, P.Y and Thia, B. H. Bank selection criteria and multiple banking phenomena in Singapore. Unphublished MBA dissertation, School of Accountacy and Business, Nanyang Technological University. 1995.
Haron, S., Ahmed, N., & Planisek, S. Bank patronage factors of Muslim and non-Muslim customers, International Journal of Marketing, 1994. Vol. 12, No.1, pp 32-40.
Institut Pertanian Bogor. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Wilayah Kalimantan Selatan. Kerjasama Direktorat Perbankan Syariah – Bank Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor. 2004.
Kaufman, G.G. A survey of business firms and households view of a commercial bank, Report to the Federal Reserve Bank of Chicago, Appleton, University of Wisconsin, Madison, WI. 1967.
Kaynak, E. American consumers’ attitudes towards commercial banks, The International Journal of Bank Marketing, 2005. Vol.23, No. 1, pp 73-89
Laroche, M., Rosenblatt, J.A., & Manaing, T. Service used and factors considered important in selecting a bank: an investigation across diverse demographic segments, International Journal of Bank Marketing, 1986. Vol.4, No.1, pp 35-55.
Lewis, B. R. Student account-A porofitable segment?, European Journal of Bank Marketing, 1982. Vol. 16 No. 3, pp 63- 72
Lewis, B. R. “Weekly cash-paid workers: Attitudeand behaviour with regrad to babnk and other financial institutions. European Journal of Bank Marketing, 1982. Vol. 16 No. 3, pp 92-101
Utomo, Budi. S. Makalah: Menuju Era Ekonomi Berkeadilan dan Bebas Bunga, Jakarta. 2001.
Metawa, S. A., & Almossawi, M. Banking behavior of Islamic bank customers: Perspectives and implications, International of Bank Marketing, 1998. Vol. 16, No. 7, pp. 299-313.
Nicholls, J.A.F., Roslow,S.and Tsalikis, J. “Time is central”, International Journal of Bank Marketing, 1993.Vol. 11 No. 5, pp.12-18
Redaksi Info Bank. Info Bank April No. 241, Jakarta The Point (Newspaper), Syariah Banking in Indonesia, Tuesday 12 December 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i3.192
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i3.192.g176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia