PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE DAN OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi di SMP Budi Mulya Kota Bengkulu)

Wiwinda Wiwinda

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Inside-Outside Circle pada mata pelajaraPAI di SMP Budi Mulya Kota Bengkulu.  Penelitian ini dilakukan melalui metode tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian ditemukan bahwa  bahwa penggunaan Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar Inside-outside circle (IOC) dapat meningkatkan hasil  belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI. Hal ini terbukti pada siklus I nilai rata-rata 67,08 meningkat pada siklus II menjadi 75,63. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 70,83% kemudian meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar Inside-outside circle (IOC) dapat meningkatkan aktivitas guru terutama dalam memperhatikan alokasi waktu dan membimbing siswa dalam mengambil kesimpulan dari materi pelajaran.  Sedangkan aktivitas siswa, siswa dapat memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa aktif dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari guru.


Keywords


Model Pembelajaran, Inside dan Outside Circle, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo, 2008.

Arikunto, Suharsini, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara, 2006.

B. Adam. Macam-macam metode pembelajaran. Diakses dari http://store.cc.cc/ Macam_macam_Metode_Pembelajaran_g1g177821 Pada tanggal 3 Feb 2015

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Ciptam 2009.

Drajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2004.

Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana, 2008.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2008.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya, 2010.

Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho, Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera, 2010.

Wardani, dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.155

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.155.g142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Indexing by :

   

 

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats