MODEL LESSON STUDY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS IAIN BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran Metodologi Penelitian Pendidikan dengan berbasis lesson study pada Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan paradigma definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro melalui langkah-langkah (1) Identifikasi permasalahan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan berbasis lesson study pada Program Studi PGMI FTT IAIN Bengkulu (2) langkah-langkah lesson study yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan pada Program Studi PGMI FTT IAIN Bengkulu melalui PTK . Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGMI sejumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, , soal essay dan lembar observasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo, 2005.
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung. Alfabeta, 2009.
Hassoubah, Zaleha I, Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa, 2007.
Indrwati & Wanwan Setiawan, Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung. PPPPTK IPA untuk Program Bermutu, 2009.
Joyce. B, Weil, M. Models of Teaching (8th ed). New Jersey. Pearson Education Publishing Allyn & Baycon, 2009.
Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Nana Sudjana, Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran., Jakarta.Lembaga Penerbit FE UI, 1990.
………………..,, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press, 2005.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo, 2013.
Sukirman, Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson Study.Makalah Pelatihan Lesson Stady Bagi Guru-Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP Se-Indonesia, 2006.
Surya, Kapita Selekta Pendidikan SD, Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004.
Slameto,Belajar dan factor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.154
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.154.g141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia