MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD Al-JAMI’AH IAIN BENGKULU
Abstract
Pesantren yang terkenal dengan istilah “ma’had” adalah lembaga pendidikan keagamaan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pendidikan di pesantren meliputi pendidikan Islam, dakwah, pengembangan kemasyarakatan dan pendidikan lain yang sejenis dan komunitas tersendiri yang di dalamnya hidup bersama-sama sejumlah orang yang dengan komitmen hati dan keikhlasan atau kerelaan mengikat diri dengan kyai, tuan guru, buya, ajengan, abu atau nama lainnya untuk hidup bersama dengan standar moral tertentu, membentuk kultur atau budaya tersendiri. Di antara sisi yang menarik para pakar dalam mengkaji lembaga ini adalah karena “modelnya”. Sifat keislaman dan ke-Indonesiaan yang terintegrasi dalam pesantren menjadi daya tariknya. Belum lagi kesederhanaan, sistem dan manhaj yang terkesan apa adanya, hubungan kyai dan santri serta keadaan fisik yang serba sederhana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ma’luf, Al-Munjid fi al-Lughah wa Al-‘Alam, Cet. 23. Beirut : Dra El-Mashriq, 1986.
As-Syeikh Ahmad al-Iskandari dan Asy-Syeikh Mustafa Inany.1916, Al-Wasith fi Al-Adab Al-Araby Wa Tarikhuha, Mesir : dar al-Ma’arif.
Burhan Bungin, Sosiologi Komunikasi, Jakarta : Kencana, 2011
Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. http://josesutri.blogspot.com/2012/12/definisi-pesantren.html. diakses pada tanggal 19 Januari 2015
Departemen Agama RI, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.2004. Prifil Pondok Pesantren Mu’adalah. Jakarat. Tim Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Dhafier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai dan Visinya Mengenai Masa Depa Indonesia. Jakarta : LP3S, 2011.
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Jamhuri, Muhammad. Pondok Pesantren: sejarah dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia, http://www.ikdar.com/?pilih= news&mod=yes&aksi=lihat&id=53, diakses tgl. 17 November 2014.
Mustaqim, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Prestasi Pustakarya, 2012.
Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2012.
Nurcholish Madjid, “Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan” Jakarta: Paramadina, 1997.
Qomar, Mujamil, Pesantren Dari Tranformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta : Erlangga, 2005.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Bandung : Afabeta, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.152
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i2.152.g139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia