STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LPTK SE-KOTA BENGKULU
Abstract
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor sumberdaya manusia melalui pencapaian kualifikasi sumberdaya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek dan kesiapan beberapa perguruan tinggi di kota Bengkulu yang berposisi sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) pogram studi pendidikan bahasa Inggris terhadap wacana pemberlakukan kurikulum berbasis KKNI yang efektif akan diberlakukan pada tahun akademik 2016/2017. Disamping itu penelitian ini bertujuan menjadi sarana penemuan solusi terhadap kendala yang menjadi rintangan dari pemberlakukan kurikulum berbasis KKNI. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kelima LPTK yang menyelenggarakan program studi pendidikan bahasa Inggris pada prinsipnya siap melakukan perberlakuan kurikulum berbasis KKNI pada tahun akademik 2016/2017, akan tetapi efektifitas penerapan kebijakan ini seyogya dibarengi dengan kesiapan semua perangkat yang dibutuhkan termasuk kebijakan pengembangan kurikulum tertulis dari masing-masing institusi secara permanen. Dari lima LPTK yang ada, hanya FKIB-Unib yang telah menerapkan kurikulum KKNI dan berjalan baik sedangkan yang lain masih dalam proses finalisasi struktur kurikulum yang diharapkan.
KKNI, Pembaharuan Kurikulum, dan LPTK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pada Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu), LPPM IAIN Bengkulu, 2013.
Asep, Herry Hernawan, Dkk. Kurikulum dan pembelajaran. Tim Pengembang MKDP. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Pedoman Pengembangan Kurikulum LPTK, 2013.
Fachrunnisa, Olivia, Kampus Wajib Terapkan KKNI .http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id. diunduh Kamis, 04 Oktober 2015.
Indonesian Qualification Framework, Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional. Edisi.1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan Nasional RI, 2010.
Inglis, Alexander James, Principle of Secondary Education. Assistant Professor Of Education, Harvard University Houghton Mifflin Company Boston New York Chicago didownload dari ks at: http://scholarcommons.usf.edu/etd, 2010.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka. Katalog 2015 UTKunaefi, Tresna Dermawan, Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Sebuah alternatif Penyusunan kurikulum, Dikti: Jakarta, 2008.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Acuan Pengembangan Kurikulum, 2010.
Moeleong Lexy, Metodologi Penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012
Novianto, Dodi, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah STAIN/IAIN/UIN (LPTK Disampaikan dalam Seminar Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam – Program Magister Manajemen Pendidikan Islam – UIN MALIKI Malang tanggal 1 Desember 2010.didownload dari: http://dedinoviyanto.wordpress.com/my-papers/
Nuh, Mohammad, Kurikulum 2013 Sudah Dimuat di Harian Kompas, Artikel Kamis, 7 Maret 2013 dan didownload dari: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/artikel-mendikbud-kurikulum2013
Nuh, Mohammad, Pola Pembelajaran LPTK sesuaikan kurikulum baru. Disampaikan pada acara Sosialisasi Kurikulum 2013 di Universitas Negeri Semarang (Unnes), dalam:http://id.berita.yahoo.com/mendikbud-pola-pembelajaran-lptk-sesuaikan-kurikulum-baru-155712066.html
Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan (SNP)
Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Pratt, David, Curriculum Design and Development, New York: Harcourt, 1980.
Suryosubroto, B, Tatalaksana Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Sutrisno dan Suyadi, Desain Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI, edisi pracetak (UIN SUKA Jogyakarta, 2015.
Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005.tentang Guru dan Dosen..
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Panduan Akademik. UMB 2014
Universitas Terbuka Indonesia. Katalog UT 2013.
Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Didownload dan dapat diakses melalui http://www.webometrics.info
Yamin, Moh, Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan: Panduan Lengkap tata kelola kurikulum efekti, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i1.148
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i1.148.g136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia