Teachers’ Strategies in Teaching Speaking Lessons on Introvert Students in Madrasah Aliyah (MA) Ja-alHaq Bengkulu.
Abstract
Strategi Guru Bahasa Inggris dalam Mengajar Materi Speaking terhadap Siswa yang Berkarakteristik Introvert di Madrasah Aliyah (MA) Ja-alHaq Bengkulu. Kemampuan sesorang dalam berkomunikasi sering dipengaruhi oleh karakteristik kepribadiannya. Berdasarkan penelitian para ahli, terdapat dua karakter utama dalam diri seseorang, yaitu ekstrovert dan introvert. Siswa yang berkarakter introvert memiliki kemampuan yang tidak sama dengan siswa ektrovert dalam berkomunikasi bahasa asing. Untuk mengatasi problem tersebut, guru Madrasah Aliyah (MA) Ja-alHaq—sebagai objek penelitian ini—beberapa strategi agar kemampuan speaking siswa-siswinya meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dari guru bahasa Inggris di Indonesia yang berpengalaman dalam pengajaran speaking terkait dengan tantangan dan strategi dalam proses belajar mengajar bagi siswa yang berkarakteristik introvert. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa para guru disarankan untuk menerapkan diskusi, main peran, story telling, dan wawancara. Di samping itu, guru juga harus mengetahui karakter dari peserta didiknya karena dengan mengetahui kepribadian peserta didik, para guru dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bilbrough, N, Dialogue Activities to Exploring Spoken Interaction in the Language Class, Cambridge: Cambridge University Press, 2010.
Brown, H.D., Gillian and Yule, George, Teaching the spoken Language, Cambridge University Press,1999.
Brown, H.D, Principles of Language Learning and Teaching (4th Edition), New York: Longman br, 2000.
_____, Teaching by Principles: An Interactive approach to Language Pedagogy, New York: Logman, 2001.
Borg, W.R, Applying Educational Research, New York: Longman, 1981.
Collie, J & Stephen.S, Speaking Student’s Book, Cambridge: Cambridge University Press, 2006.
Friedman, H.S. & Miriam, W.S, Personality: Classic Theories and Modern Research (5 ed), London: Pearson, 2011.
Harmer, J, How to Teach English: an introduction to the practice of English language teaching, New York: Longman, 1998.
_____, The Practice of English Language Teaching, Essex: Longman Limited, 2001.
Hughes, R, Spoken English, TESOL, and Aplied Linguistics, New York: Palgrave Macmillan, 2006.
Leo, S, A Challenging Book to Practice Teaching in English, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.
Mustofa, M,The Journey of Professional Teachers, Language- Edu: Journal of English Teaching and Learning, 1 (1): 1-9, 2012.
Olson, M. H. & B.R, Horgenhahn, Teori-teori Kepribadian, terjemahan oleh Yudi Santoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Rauch,J, 14 Februari. Caring for Your Introvert, Februari 14th 2006
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v21i1.229
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia