Pemertahanan Kekhasan Pengajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Martapura Kalimantan Selatan (Telaah Aspek Linguistik dan Sosiolingustik)
Abstract
The Maintenance of the Unique Teaching of the Yellow Book At Pondok Pesantren Darussalam Martapura South Kalimantan (Review Linguistic and Sociolingustic Aspects). Pesantren as an Islamic educational institution has various characteristics. One of them is the uniqueness in teaching of yellow book, as applied in Pondok Pesantren Darussalam (PPD) Martapura. To achieve the purpose of pesantren tafaqquh fî ad-dîn, the yellow book must be mastered by santri. To master the yellow book, the element and the knowledge of yellow book are considered as the main tool. The emphasis on these two aspects also has an impact on the application of characteristic translations. The translation seems unique, rigid, and clumsy so that it is potentially difficult to understand and can even lead to misunderstandings. However, the specificity of teaching is instead maintained and can be accepted in the pesantren. This paper is intended to express how and why the specificity of yellow book teaching can survive and be maintained in PPD Martapura in terms of linguistic and sociolinguistic aspects.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Imron, Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasahada Press, 1993.
Bloomfield, Leonard, Language.New York: Henry Holt, 1933.
Bruinessen, Martin van, Kitab Kuning, Pesantren danTarekat. Edisi revisi. terj. Farid Wajidi, et.al, Yogyakarta: Gading Publishing, 2012.
Dhofier,Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai, Jakarta: LP3ES, 1982.
Dokumen Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kalimantan Selatan, PPD Martapura, t.t.
Dokumen Pondok Pesantren Darussalam, Daftar Guru-Guru Pondok Pesantren Darussalam Seluruh Angkatan Tahun Ajaran 2013/2014; Daftar Guru Tingkat Ulya Putera/Puteri dan Daftar Guru Tingkat Wusta Puteri.
Faiqoh, “Pengajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Cidahu Pandeglang”, Mimbar 28, No. 2, 2012.
Ferguson, Charles, “Diglossia” in Sociolinguistics: the Essential Readings, eds. Christina Bratt Paultson and G. Richard Tucker. USA: Blackwell Publishing, 2003.
Haedari, H.M. Amin, Transformasi Pesantren: Pengembangan Aspek Pendidikan, Keagamaan, dan Sosial. Jakarta: Media Nusantara, 2006.
Hidayatullah, Moch. Syarif, “Bustan al Katibin: Pengaruh Tata Bahasa Arab dalam Tata Bahasa Melayu” dalam Jurnal Manassa: Manuskripta, Vol. 2, No. 1, 2012.
Kridalaksana, Harimurti, Bustanul katibin dan Kitab Pengetahuan Bahasa: Sumbangan Raja Ali Haji dalam Bahasa Melayu, Artikel ditulis dalam rangka peringatan Hari Sastra 83 dengan tema “Tradisi Johor-Riau di Alam Melayu” yang diselenggarakan oleh Gabungan Persatuan Penulis Nasional Malaysia, Johor Baru, Malaysia 10-13 Desember 1983
-------, Pendekatan Historis dalam Kajian Bahasa Melayu dan Indonesia, artikel disampaikan pada forum Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur 14 April 1984.
Madjid, Nurcholis, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.
Muhammad, Abu Abdillah bin Daud as-Shanhaj bin al-Jurum,. al Matn al-Ajrumiyah, Surabaya: Bongkol Indah, t.t.
Nababan, M. Rudolf, Teori Menerjemah Bahasa Inggris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Newmark, Peter, A Textbook of Translation, Newyork: Prentice Hall, 1988.
Norlaila, Mampu Menerjemahkan: Teori Terjemahan Arab-Indonesia, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2010.
Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kalimantan Selatan, Sejarah Singkat PP Darussalam Martapura, http://www.pp-darussalam.com/p/daftar-nama-kitab.html, 18 Oktober 2014
Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Profil Pondok Pesantren Darussalam, Dokumen PPD: Martapura, tt.
Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kalimantan Selatan, Sejarah Singkat PP Darussalam Martapura, http://www.pp-darussalam.com/p/daftar-nama-kitab.html,
PPD Martapura, Daftar Nama-nama Kitab. http://www.pp-darussalam.com/p/daftar-nama-kitab.html,
Sa’adah, Mazro’atus, “Pengaruh Doktrin Tertutupnya Pintu Ijtihad Terhadap Pola Pengajaran Hukum Islam di Pondok Pesantren Tradisional”, Jurnal At-Tajdid, Vol 1, No.1, 2012.
Suardi, “Pesantren dan Kitab Kuning: Sejarah, Metode, dan Paham”, dalam Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara, eds. Samsul Nizar, et al, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Yasin, A. Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Yasmadi, Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, edisi revisi, Ciputat: Quantum Teaching, 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v21i1.215
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia