Analysis of The Role of Class Teachers in Improving Students' Reading Motivation in Grade II at MI As-Shaffah, Bengkulu City
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Albertus, D. K. (2007). Pendidikan dan Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Alwi, H. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Anindtya, S. N. (2019). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Anwar, C. (2019). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. Yogyakarta: SUKA-Press.
Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Darajat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT bumi Aksara.
Darmadi. (2018). Strategi Menumbuhkan Minat Baca Anak. Bogor: Guepedia.
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rhineka Cipta.
Engreini. (2020). Buku Panduan Manajemen Tugas Wali Kelas Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: Pustaka Media.
Fatmawati, S. (2020). Hubungan Antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Tanggerang Selatan, (Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah).
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270-276.
Hamid, A. (2023). Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(32).
Hamzah, B. U. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
----------. (2021). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrawan, I. (2020). Menjadi Guru PAUD. Riau: DOTPLUS Publisher.
Kurniawan, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. Surakarta: CV Kekata.
Kurniawati, R. (2019). Inobel: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Graf Literature.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. 3M Media Karya.
Meek, M. (2012). Learning to Read. Random House.
Moleong, L. J. (2004). Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Riadi, D. (2023) Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustikawati, M. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Nur Fitri. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Anak Berkebutuhan Khusus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Skripsi, IAIN Bengkulu).
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riadi, D. (2023) Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. (2023). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saddhono & Slamet. (2016). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri.
Santosa, P. (2020). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers.
Sari, N., Daulay, M. I., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 231-238.
Sari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 36-55.
Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Schiefele, U., Schaffner, E., Möller, J., & Wigfield, A. (2012). Dimensions of Reading Motivation and Their Relation to Reading Behavior and Competence. Reading Research Quarterly, 47(4), 427-463.
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Soedarso. (2020). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Subli, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD N 166/IX Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 323-330.
Sugiarto. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sultan. (2018). Membaca Kritis. Makassar: Baskara Media.
Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38-46.
Suparlan. (2004). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dari Konsepsi sampai dengan Implementasi. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Supriyadi. (2013). Strategi Belajar & Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu.
Suryosubroto. (2021). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Sutopo. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syatauw, G. R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 80-86.
Sya’bani, M. A. Y. (2018). Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, N. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Guru. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v5i1.7788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
  
  
  
  
  
  
  
   
  
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
 Journal of Primary Education © 2021 is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International
 Journal of Primary Education © 2021 is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International  
 





