PENGARUH SERIAL ANIMASI KARTUN RIKO THE SERIES SEASON 2 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

Elvina Rizki Adisti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serial animasi Riko the Series terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas I di MI Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan one group pretest-posttest. Kelas eksperimen terdiri dari 29 siswa yang dari kelas I.F. Hasil uji hipotesis menggunakan paired samples T test berupa nilai rata-rata sebesar 72,22 dengan nilai standar deviasi sebesar 12,072 pada saat pretest dan nilai rata-rata sebesar 80,18 dengan nilai standar deviasi sebesar 11,896 pada posttest. Nilai t hitung sebesar -4,046 dan nilai t tabel sebesar -2,051 dan diketahui bahwa nilai p (Sig.) adalah 0,00 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa serial animasi kartun Riko the Series berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius siswa.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the animated series Riko the Series on the formation of the religious character of first-grade students at MI Negeri 1 Bengkulu City. The type of research is quantitative research with an experimental method using one group pretest-posttest. The experimental class consists of 29 students from class I.F. The results of the hypothesis test using paired samples T-test in the form of an average value of 72.22 with a standard deviation value of 12.072 at the pretest and an average value of 80.18 with a standard deviation value of 11.896 at the posttest. The t count value is -4.046 and the t table value is -2.051 and it is known that the p-value (Sig.) is 0.00 <0.05. Based on these results, Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that the animated cartoon series Riko the Series affects the formation of students' religious character.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, K. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21-33. doi:https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Alfianika, N. (2008). Buku Ajar Metode Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.

Ali, A., Abduloh, A. Y., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Pendidikan Akhlak dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Hawari : Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), 38-47.

Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100-109. doi:https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692

Arnanda, N. S. (2024, Juli). Implementasi Program Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29717

Asra, A., & Sutomo, S. (2014). Pengantar Statistika II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fitriani, I., Siswono, H., & Hidayanti, D. M. (2023). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember. Prosiding Seminalu 2023, 1, hal. 70-77. https://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu/article/view/12

Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., Sampoerna, M. N., & . (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244-261. doi:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309

Hapsari, V. T., Sutarso, J., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Intensitas Menonton Serial Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25-29. doi:http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

https://garissepuluh.com/ (Sutradara). (2019). Riko the Series [Gambar Hidup].

Jannah, M., & Mauizdati, N. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA', 3(1), 87-97. doi:https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Islamic Educational Studies : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141-156. doi:https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nurlaila, S. (2020). Pengaruh Menonton Film Kartun Terhadap Akhlak Siswa SD Negeri 14 Martapura Kecamatan Martapura Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan. IAIN Metro https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1815

Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter Religius dalam Berbagai Sudut Pandang dan Implikasinya terhadap Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535-550. doi:http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673

Rosmilasari, D. M. (2018). Animasi Pendidikan Untuk Menigkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 23(3), 183-192. doi:https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16434

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Setyawati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika , 5(2), 26-37. doi:https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Sinyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International