PENGARUH SERIAL ANIMASI KARTUN RIKO THE SERIES SEASON 2 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serial animasi Riko the Series terhadap pembentukan karakter religius siswa kelas I di MI Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan one group pretest-posttest. Kelas eksperimen terdiri dari 29 siswa yang dari kelas I.F. Hasil uji hipotesis menggunakan paired samples T test berupa nilai rata-rata sebesar 72,22 dengan nilai standar deviasi sebesar 12,072 pada saat pretest dan nilai rata-rata sebesar 80,18 dengan nilai standar deviasi sebesar 11,896 pada posttest. Nilai t hitung sebesar -4,046 dan nilai t tabel sebesar -2,051 dan diketahui bahwa nilai p (Sig.) adalah 0,00 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa serial animasi kartun Riko the Series berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius siswa.
Abstract
This study aims to determine the effect of the animated series Riko the Series on the formation of the religious character of first-grade students at MI Negeri 1 Bengkulu City. The type of research is quantitative research with an experimental method using one group pretest-posttest. The experimental class consists of 29 students from class I.F. The results of the hypothesis test using paired samples T-test in the form of an average value of 72.22 with a standard deviation value of 12.072 at the pretest and an average value of 80.18 with a standard deviation value of 11.896 at the posttest. The t count value is -4.046 and the t table value is -2.051 and it is known that the p-value (Sig.) is 0.00 <0.05. Based on these results, Ho is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that the animated cartoon series Riko the Series affects the formation of students' religious character.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21-33. doi:https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Alfianika, N. (2008). Buku Ajar Metode Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.
Ali, A., Abduloh, A. Y., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Pendidikan Akhlak dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia. Hawari : Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 2(1), 38-47.
Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100-109. doi:https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692
Arnanda, N. S. (2024, Juli). Implementasi Program Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK PGRI Somoroto Ponorogo. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29717
Asra, A., & Sutomo, S. (2014). Pengantar Statistika II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fitriani, I., Siswono, H., & Hidayanti, D. M. (2023). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Karakter Sopan Santun Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 121 Bangsalsari Jember. Prosiding Seminalu 2023, 1, hal. 70-77. https://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu/article/view/12
Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., Sampoerna, M. N., & . (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244-261. doi:https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309
Hapsari, V. T., Sutarso, J., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Intensitas Menonton Serial Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25-29. doi:http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
https://garissepuluh.com/ (Sutradara). (2019). Riko the Series [Gambar Hidup].
Jannah, M., & Mauizdati, N. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Setelah Masa Pandemi Covid-19. IBTIDA', 3(1), 87-97. doi:https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.294
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Islamic Educational Studies : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141-156. doi:https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurlaila, S. (2020). Pengaruh Menonton Film Kartun Terhadap Akhlak Siswa SD Negeri 14 Martapura Kecamatan Martapura Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan. IAIN Metro https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1815
Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter Religius dalam Berbagai Sudut Pandang dan Implikasinya terhadap Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535-550. doi:http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673
Rosmilasari, D. M. (2018). Animasi Pendidikan Untuk Menigkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 23(3), 183-192. doi:https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16434
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Setyawati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika , 5(2), 26-37. doi:https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Sinyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7348
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International