IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI MATERI AJAR MENGHARGAI DALAM KEBERAGAMAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi moderasi beragama melalui materi ajar menghargai dalam keberagaman pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 013 Bengkulu Utara dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriftif berupa data, dan gambar. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi moderasi beragama melalui materi ajar menghargai dalam keragaman di SDN 013 Bengkulu Utara terdiri dari persiapan bahan ajar; pengembangan bahan ajar; dan pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung implementasi moderasi beragama ini adalah: tersedianya tenaga pendidik untuk setiap agama; tersedianya buku referensi pembelajaran agama; kerjasama yang baik antar guru agama; lokasi sekolah; lingkungan tempat tinggal sebagian siswa; dan kerjasama antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: ruang belajar yang kurang kondusif; tempat ibadah yang kurang layak; dan kurangnya sarana prasarana ibadah sebagai media pembelajaran moderasi beragama.
Abstract
This study aims to reveal the implementation of religious moderation through teaching materials respecting diversity in Islamic Religious Education learning at SDN 013 Bengkulu Utara and to find out the supporting and inhibiting factors in the implementation. This study is a qualitative study that produces descriptive data in the form of data and images. Data analysis techniques start from data reduction, data presentation and drawing conclusions. The implementation of religious moderation through teaching materials respecting diversity at SDN 013 Bengkulu Utara consists of preparation of teaching materials; development of teaching materials; and achievement of learning objectives. While the supporting factors for the implementation of religious moderation are: the availability of educators for each religion; the availability of reference books for religious learning; good cooperation between religious teachers; school location; the environment where some students live; and cooperation between parents and teachers. While the inhibiting factors are: less conducive learning spaces; inadequate places of worship; and lack of worship facilities and infrastructure as a medium for learning religious moderation.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar di Madrasah Aliyah di Bontang. Promosi : Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(2), 165-175. doi:http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i2.1704
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.
Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. Jurnal At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106-125. doi:http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824
AR, S. (2020). Peran Guru AgamaDalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37-51. https://core.ac.uk/reader/322598100
Chayani, L., & Januardi, J. (2019). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Pendopo Pali. Jurnal Neraca : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 249-258. doi:https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.4144
Faruq, U. A., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. Jurnal TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 59-77. doi:https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.91
Harahap, R. A., Dahlan, Z., & Usiono. (2022). The Role of The IRE Teacher in Shaping The Attitude of Student's Religious Moderation. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 618-633. doi:https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2194
Hasan, M. A. (2016). Merajut Kerukunan dalam Keberagamaan Agama di Indonesia (Perspektif Nilai-Nilai Al-Quran). Profetika : Jurnal Studi Islam, 14(1), 66-77.
Hidayat, F., Maslani, & Supiana. (2021). Peran Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Melalui Program Pembiasaan Di Smpn 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Al-Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 6(1), 155-174. https://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/alkarim/article/view/81
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 137-148. doi:https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman Dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115-130. doi:https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616
Naufal, M., & Arbi, I. A. (2022, 08 11). Aksi Intoleran di Sekolah Jakarta, Guru Larang Murid Pilih Ketua OSIS Nonmuslim hingga Paksa Siswi Berjilbab. https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/11/08400201/aksi-intoleran-di-sekolah-jakarta-guru-larang-murid-pilih-ketua-osis
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1). doi:http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194. doi:https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.569
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. doi:https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Salsabila, U. H., Saputra, A., Harsono, L., Husein, M. F., & Ainuzzamania, N. (2022). Penanaman Moderasi Agama Dalam Pendidikan Agama Islam. Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 45-58. doi:https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.50
Strauss, A., & Corbin, J. (2013). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar .
Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents, 20(11), 12-26.
Yuriska, N., Nelson, & Nurjannah. (2023). Menanamkan Nilai Moderasi Beragama Melalui Mata Pelajaran PAI di Kelas VI SDN 08 Suro Bali. Institut Agama Islam Negeri Curup.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7343
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International