IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

Miftah Hasanah, Nurlaili Nurlaili, Adam Nasution

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka melalui proyek peguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membentuk karakter siswa di SDN 01 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi, peyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 01 Negeri Kepahiang telah melaksanakan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pembentukkan karakter siswa didasarkan pada tiga dimensi peguatan profil pelajar pancasila (P5) yaitu: 1). Iman, bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan dan berakhlak mulia sebagi elemen akhlak terhadap alam dan sub-elemen menjaga lingkungan sekitar; 2) Gotong royong sebagai unsur kerjasama dan sub-unsur menerima dan melaksanakan tugas dan peranan yang diberikan kelompok dalam kegiatan bersama; 3) Kemandirian sebagai elemen memahami diri sendiri dan situasi yang di hadapi dan sub-elemen mengembangkan refleksi diri.

 

Abstract

This research aims to determine the implementation of the independent curriculum through a project to strengthen the profile of Pancasila students (P5) in shaping the character of students at SDN 01 Kepahiang. This study uses a qualitative method with an exploratory research design. Data collection was carried out through interviews, documentation, observation and literature study. The data obtained were analyzed through the stages of reduction, presentation, and conclusion. The results of the study indicate that SDN 01 Negeri Kepahiang has implemented the strengthening of the Pancasila student profile (P5). The formation of student character is based on three dimensions of strengthening the Pancasila student profile (P5), namely: 1). Faith, devotion to God Almighty and noble character as an element of morality towards nature and a sub-element of protecting the surrounding environment; 2) Mutual cooperation as an element of cooperation and a sub-element of accepting and carrying out tasks and roles given by the group in joint activities; 3) Independence as an element of understanding oneself and the situation being faced and a sub-element of developing self-reflection.

 


Full Text:

PDF

References


Agus, W. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Bandung: Pustaka Pelajar.

Ainy, F. Z. Q., & Effane, A. (2023). Peran kurikulum dan Fungsi kurikulum. Karimah Tauhid, 2(1), 153-156.

Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48-58.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67-75.

Almarisi, A. (2023). Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Amaliyah, N., & Fatimah, W. (2023). Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Samudra Biru.

Aditomo, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.

Arifin, Z. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2012). Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. I.

Elsi, N. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Pemimpi dan Edensor Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Doctoral dissertation: UIN Raden Intan Lampung.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Ferrari, J. R. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. Plenum Press.

Gustiana, E. (2021). Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI-Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Doctoral dissertation: UIN Fatmawati Sukarno.

Hakim, R. (2023). Kesesuaian Mata Kuliah Tela‟ah Dan Pengembangan Kurikulum PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau dengan Kurikulum PAI di SLTA. Doctoral dissertation: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU.

Hasbi, I., Sari, D. C., Isnaini, L., Ardiana, D. P. Y., Harahap, D. G. S., Sormin, S. A., ... & Herak, R. (2021). Perkembangan peserta didik (tinjauan teori dan praktis). Penerbit Widina.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7411-7419.

Helaluddin, H. W., & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hidayat, E. S. (2023). Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. Penerbit P4I.

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64.

Ishak, I. (2023). Panduan Praktis Menulis Penelitian Tindakan Kelas Pada Kurikulum Merdeka Belajar. CV. Dimar Jaya

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 280-289.

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105-118.

Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 172-178.

Koesoema, A. D. (2012). Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh. PT Kanisius.

Kutha Ratna, N. (2010). Metode Penelitian: Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Labudasari, E. (2023). Kurikulum Merddeka Teori dan Praktik di Sekolah. Indonesia Emas Group.

Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 88-95.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1). 113

Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1-8.

Muljono, P. (2021). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. PPS UNJ.

Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(3), 105-118.

Pengestuti, D. (2023). Pengembagan Model Ajar Berbasis Proyek yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Materi Sistem Gerak dan Sistem Peredaran Darah. Skripsi: repositori.untidar.ac.id

Rahayu, R., & Rosita, R. (2022). Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihatini. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu Journal Od Elementary Education, 6.

Rahma, N., & Mustika, D. (2024). Implementation of the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students in Primary Schools. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 586-597.

Rahmawati, A., Parji, P., & Dewi, C. (2023). Persepsi Guru Tentang Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 990-996.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rukhmana, T., Darwis, D., IP, S., Alatas, A. R., SE, M., Tarigan, W. J., ... & S ST, M. M. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Sholihah, H., & Jumari, J. (2024). Peningkatan Karakter Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran PAI Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Jombang. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 870-876.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Syaputra, M. S. (2024). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Amin Darussalam Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Seituan. Doctoral dissertation: Universitas Islam Sumatera Utara.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: CV. Budi Utomo.

Wena, M, (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Oprasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijiatun, L., & Indrajit, R. E. (2022). Merdeka Belajar: Tantangan dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yuniarti, P., Wianti, W., & Rini, R. S. (2023). Metode Penelitian Sosial. Penerbit NEM.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International