ANALISIS ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU

Nurnanda Berninda

Abstract


Alur tujuan pembelajaran dalam pendidikan pancasila di SD Negeri 106
Kota Bengkulu telah digunakan dengan baik dalam proses kegiatan belajar. Alur
tujuan pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh
karena itu peneliti ingin meneliti pengembangan alur tujuan pembelajaran agar
penerapannya lebih efektif dan efisien serta diharapkan meningkatkan kualitas
belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan
metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara
mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul berlaku
secara umum atau generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa alur tujuan pembelajaran dalam pendidikan pancasila di SD Negeri 106
Kota Bengkulu sudah diterapkan dengan baik sesuai impelementasi
permendikbud yang meningkatkan kualitas belajar siswa, adapun kendala yang
dialami dalam alur tujuan pembelajaran berupa penggunaan metode
pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya kondusif suasana belajar

 


Full Text:

PDF

References


Aryanti, Dwi. 2023. Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Educatio, 18(1): 17–31.

Camellia, Alfiandra Alfiandra, Emil El Faisal, Rini Setiyowati, and Ulya Rosidafi Sukma. 2022. Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 63–74.

Fadhli, Rahmat. 2022. Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2): 147–156.

Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, and Dadang Anshori. 2022. Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1): 146–151.

Hidayat Fahrul, Dkk. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Mengacu Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila. 31–41.

Huda Miftakhul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran PKn Materi Kebudayaan Menggunakan Macromedia Flas (Studi Kasus: Kelas IV SDN Plalangan 04 Kota Semarang). Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Kartika, H Mistia Ayu. 2023. Teacher Belief Dan Praksis Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Sedo 1. Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung.

Lubis, T Y. 2022. Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Skripsi: Universitas HKBP Nommensen

Magdalena, Ina, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan. 2020. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3): 18-30.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1): 80–86.

Maulinda, Utami. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi, 5(2): 130-138.

McTighe, Jay, Grant Wiggins, Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Shofi Hikmatuz Zahroh, Parno, Nandang Mufti, and Yogi Anggraena. 2017. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Meisin. 2022. Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I Dan IV Di SDN 17 Rejang Lebong. Skripsi: IAIN Curup.

Kyra Cholissofie, 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Dengan Etnosains Pada Materi Momentum Dan Impuls.

Nurmawita, Nurmawita, and Siti Quratul Ain. 2023. Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6): 77–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5691.

Purnawanto, Ahmad Teguh. 2022. Perencanaan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1): 75–94.

Raharjo, Raharjo. 2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1).

Ramadhan, Iwan. 2023. Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2): 22–34.

Rauf, Reski Febyanti, Amiruddin Hambali, and R Mantasiah. 2023. Pelatihan Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2): 8-16.

Rindayati, Evilia, Cindi Arjihan Desita Putri, and Rian Damariswara. 2022. Kesulitan Calon Pendidik Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1): 18-27.

Rini Triastuti, Wijianto, Raharjo, Muhammad Hendri Nuryadi. 2023. Workshop Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran Dan Modul Ajar Berbantuan Aplikasi Penilaian.

Riswakhyuningsih, Tri. 2022. Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1): 20-30.

Sardiman. 2015. Menakar Posisi Sejarah Indonesia Pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(2): 80-94.

Satriawinati. 2020. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis 3D Untuk Mata Pelajaran PKN Kelas I SD/MI. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Suri, K. 2018. Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Skripsi: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Tyas Deviana, Elok Dara Pramiswari, Beti Istanti Suwandayani. 2023. Analisis Kebutuhan Modul Ajar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas II SD Muhammadiyah 03 As-Salam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3): 23-39.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, Puji Rahayu. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12): 2105-2118.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v3i2.7085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International