Pelaksanaan Shift Pembelajaran Bagi Peserta Didik Pada Pelajaran Tematik Kelas V SDN 68 Bengkulu Tengah

Irwan Satria, Masrifa Hidayani, Retno Rahmasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan shift pembelajaran bagi peserta didik pada pelajaran tematik kelas V SDN 68 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil atau kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) dalam pelaksanaan shift pembelajaran ternyata berpengaruh pada kurangnya pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru, 2) tujuan pembelajaran yang belum sesuai atau belum tercapai, 3) guru perlu menggunaan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi, 4) perlunya motivasi, minat dan keinginan yang harus ditanamkan ke dalam diri peserta didik, 5) dengan jumlah siswa yang belajar ke sekolah hanya setengah dari jumlah siswa keseluruhan, maka pembelajaran di kelas menjadi kondusif dan lebih terkontrol

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Jakarta: Sahira

Ananda, Rizki dan Fadhilaturrahmi. 2018. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD,” Jurnal Basicedu, Vol. 2 No. 2, h. 13

Avicienna, Fahri. Pengaruh Jam Kerja Shift Terhadap Kinerja Karyawan Pada Keude Kupie Uleekareng & Gayo Di Medan (Studi Kasus Pada Keude Kupie Uleekaren & Gayo Di Medan), h. 8

Baharuddin, Ilham. “Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19,” Jurnal of Islamic Education Management, Vol. 5, No. 2, 2020. h. 82

Buana, Epin Candra, Ebtaniz Zulwidyaningtyas, and Anang Sulistyo. "Professionalism of Junior High School Teachers' Performance in the Learning Process: Pedagogical Competency Analysis." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.2 (2023): 110-122.

Dewi, Tria Ratna, and Marlena Marlena. "Utilization of Quizizz Application as a Learning Media and its effect on Student Learning Motivation at School." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 32-41.

Hartono, Hartono. "The effectiveness of role playing method as a media to improve student reading skills: An experimental research." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 1-10.

Hidayah, Nurul. “Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendididkan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 2 No. 1, 2015. h. 35

Kairiusta, Yogie Redho. “Dampak Sistem Pembelajaran Shift Bagi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu,” Jurnal: Pendidikan Sejarah, Vol. 6 No. 2. 2021.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD kelas V. H.15

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik: Teori, Praktik, dan Penilaian. Bandung: Alfabeta

Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreativ, Penerbit Erlangga, 2012

Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizan, Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana

Manuardi, Ardian Renata, and Mateus De Jesus Ximenes. "The Impact of E-Learning Implementation in Thematic Learning and its Effect on the Learning Development of Senior High School Students." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.2 (2023): 58-69.

Marchelia, Venny. “Stres Kerja Ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan”, Junal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 02, No. 01, h. 133

Mashuri, Muh. Mahfut. “Pengaruh Mutasi, Shift, Komitmen Organisasi dan Training Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Otsuka Indonesia (Studi Kasus Karyawan Inspeksi Packing Softbag PT. Otsuka Indonesia)”, e-Jurnal Riset Manajemen, h.22

Muklis, Mohamad. “Pembelajaran tematik”, Vol. IV no. 1, 2012. h.66

Muttaqqim, Itsna Sahma. Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Sma Terhadap Kinerja Polisi Lalu Lintas Dan Motivasi Siswa Sma Menjadi Anggota Polisi, 2009, h. 65

Noval, Ahmad. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19”, (Jurnal: Islamic Education Management), Vol. 5 No. 2. 2020.

Nuning, Indah Pratiwi. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi”, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol. 1, No. 2, h. 212

Nurdyansyah. “Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti Korupsi pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida‟iyah Muhammadiyah 1 Pare,” Jurnal Pendidikan dan Keislaman, Vol. 14 No. 1, 2015. h. 18

Oktarina, Nina Dan Kurniawan Candra Guzman, “Strategi Komunikasi Eksternal Untuk Menunjang Citra Lembaga”, Jurnal Pendidikan Ekonomi, h.310

Paramasila, Wadek Wikan. “Meningkatkan Respon Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Terintegrasi Kurikulum dengan Sistem Shift”, Jurnal: Mimbar Ilmu, Vol. 26, No.3. 2021.

Pattanang, Emik, dkk. 2021. “Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 10, No. 02, h.2

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana

Pratiwi, Arif Widagdo Rokhimah Kusuma. “Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di Sekolah Dasar”, Joyful Learning Journal, 2017. h. 2178

Pratiwi, Nuning Indah. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi”, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol. 1, No. 2, h. 211

Rahmat, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif”. Vol. 5, No. 9, h. 7

Ratih, Rikit Mala, dkk, “Pengaruh Shift Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Suatu Studi Pada PT. BKS (Berkat Karunia Surya) di Kota Banjar”, Business Management and Entrepreneurship Journal, Vol. 2, No. 1, h.70

Rohmawati, Aulia, and Reza Pahlevi. "The Effect of Using Inquiry Learning Model with Pop-Up Book Media on Learning Outcomes of Primary School Students." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 11-20.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2018.

Suryabrata, Sumardi. Metodologi penelitian. Jakarta : Grafindi Persada. 2006.

Suswandi, Tiara Nurani, and Siti Ripandi. "The Effect of Restrictions on Smart Phone Use on Student Learning Interest." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 48-57.

Syafar, Syafril dan Aris Fiatno, “Pengaruh Shift Kerja Terhadap Kelelahan Pekerja Pabrik Sawit Di PTPN V Seig Galuh”, Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN). Vol, 1, No. 2, h.89

Trianto. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Utami, Destiani Putri, Dkk. “Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 No 12, h. 2738

UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2019. Medan: LPPPI

Waluya, Dony dan Dimas. W. “Kajian Pertumbuhan Minat dan Realisasi Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Provinsi Jawa Barat (Lokasi dan Sektor Usaha)”, Jurnal Riset Akuntansi, Vol. VIII, No. 2, h. 23

Yuliani, Wiwin. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling,Vol. 2, No. 2, h. 84

Yunita, Yunita, and Dwi Noviana Komsi. "The Effect of Reading Interest on Learning Outcomes of Primary School Students: Is there any Difference?." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 21-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v3i1.3704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International