Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Masa Pandemi Covid-19

Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses belajar di masa pandemi Covid 19 SDN 169 Seluma . 2) untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media audio visual pada proses pembelajajaran khususnya Ipa di masa pandemi Covid 19 SDN 169 Seluma. 3) untuk kendala yang di temui dalam memanfaatkan media audio visual dalam proses belajar di SDN 169 Seluma. 3) untuk mengetahui bagaimana solusi atau upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam pemanfaatan media audio visual di masa pandemi Covid-19 SDN 169 Seluma.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran Almumayyaz. Al-Quran Tajwid Warna, Transiterasi Per Kata Terjemahan Per Kata. (Q. S An-Nahl. 44). (Bekasi: Cipta Bgus Segara, 2014), hal. 676

Asep Herry Hernawan, Dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta :Universitas Terbuka, 2009), h. 2.8

Dinn Wahyudin, Dkk. Pengantar Pendidikan (Jakarta: Universitas Terbuka, 2007), h. 1.34

Dinn Wahyudin, Dkk. Pengantar Pendidikan, h. 1.35

Djam’an Satori, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Alfabeta, 2009), h.22

Haryono, Teori dan Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), h..42

Manuardi, Ardian Renata, and Mateus De Jesus Ximenes. "The Impact of E-Learning Implementation in Thematic Learning and its Effect on the Learning Development of Senior High School Students." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.2 (2023): 58-69.

Nanang Hanafiah. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Rifika Aditama. 2009. Hlm 59

Nono Sutarno, Dkk. Materi dan Pembelajaran IPA SD (Jakarta: Universitas Terbuka, 2009), h. 9.8

Okta Ika Handarini,dkk, Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemic Covid 19, JPAP, VOL 25 NO. 3, 2020, hal 499-500

Rusdi Susilan & Cepi Riyan. Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima 2007. Hlm 4.

Winarni, Inovasi dalam Pembelajaran IPA(Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB, 2012), h. 8

Zainal Aqib. Rofesioanal Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung : Yrama Widya. 2008. Hlm 88




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i2.3703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International