Pengaruh Peraturan Pembatasan Penggunaan Handphone Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Nur Noviani, Deni Febrini, Wiji Aziiz Hari Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Peraturan Pembatasan Penggunaan Handphone Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS 25.0 Statistic for windows. Hasil Penelitian Menunjukan Dari Uji Anova dengan F hitung 22,358 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh varibel peraturan pembatasan penggunaan handphone (X) terhadap variabel Minat Belajar (Y). Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar hubungan (R) yaitu sebesar 0,660. Dari output tersebut diperoleh hasil koefisien Determinasi Model Summary di atas diketahui nilai R square sebesar 0,435. Hasil uji t ditemukan bahwa t hitung > t tabel (4,728 > 1,699). Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara peraturan pembatasan penggunaan handphone terhadap minat belajar. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara peraturan pembatasan penggunaan handphone terhadap minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. "Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik." (2019).

Burhan, Bungin. "Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif." Surabaya: Airlangga UniversityPress (2001).

Chusna, Puji Asmaul. "Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak." Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17.2 (2017): 315-330..

Dewi, Tria Ratna, and Marlena Marlena. "Utilization of Quizizz Application as a Learning Media and its effect on Student Learning Motivation at School." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 32-41.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM spps 25, Semarang: Undip. 2018.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 2011.

Iswidharmanjaya, Derry dan Beranda Agency. Bila Si Kecil Bemain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia. 2014.

Manuardi, Ardian Renata, and Mateus De Jesus Ximenes. "The Impact of E-Learning Implementation in Thematic Learning and its Effect on the Learning Development of Senior High School Students." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.2 (2023): 58-69.

Mustikawati, Ida. "Pembatasan Penggunaan Gadget Pada Anak/Siswa Pendidikan Dasar (Pendidikan 9 TAHUN)." Majalah Ilmiah Pelita Ilmu 1.2 (2018).

Naufaly, Yusril Rifqy, et al. Relasi Kuat Antara Generasi Millenial Dan Media. Vol. 6. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group), 2020.

Rahmawati, Anita, and Sri Lestari. Kepatuhan santri terhadap aturan di pondok pesantren modern. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Rahmawati, Zuli Dwi. "Penggunaan media gadget dalam aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap perilaku anak." TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 3.1 (2020): 97-113.

Slameto. Belajar dan Faktor–Faktor Yang mempengaruhinya: Jakarta." Rineka Cipta (2010).

Soekanto, Soerjono. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 2012.

Subarkah, Milana Abdillah. 2019. Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr. 15(1)

Subarkah, Milana Abdillah. "Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak." Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15.1 (2019).

Syarrofatuddini. Pengaruh Handphone Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Sd Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Tegal: Universitas Negeri Semarang. 2020.

Suswandi, Tiara Nurani, and Siti Ripandi. "The Effect of Restrictions on Smart Phone Use on Student Learning Interest." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 48-57.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. 2011.

Utomo, Prio, and Fiki Prayogi. "Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial." Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) 3.1 (2021): 65-76.

Utomo, Prio, Adi Atmoko, and Imanuel Hitipeuw. "Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3.4 (2018): 416-423.

Yunita, Yunita, and Dwi Noviana Komsi. "The Effect of Reading Interest on Learning Outcomes of Primary School Students: Is there any Difference?." Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research 1.1 (2023): 21-29.

Zubaedi, Zubaedi, Prio Utomo, and Meddyan Heriadi. "Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Masyarakat." Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 10.2 (2021): 129-146.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i2.3702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International