Problematika Pembelajaran Daring Siswa SD Negeri 24 Kota Bengkulu di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daringsiswa SD Negeri 24 kota Bengkulu di masa pandemi covid-19, serta untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi problematika pembelajaran daring dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa SD Negeri 24 kota Bengklu dengan upaya mengatasi problematika pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru dan siswa SD Negeri 24 kota bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring siswa SDN 24 Kota Bengkulu pada proses pembelajaran daring dalam permasalahan IT dan covid-19dengan memanfaatkan media androit dengan menggunakan grup kelas. Proses pembelajaran daring guru mengalami masalah atau kendala pertama, masalah berkaitan dengan kopetensi guru, kedua, masalah perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, ketiga, keterbatasan sarana dan prasarana. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajarandaring adalah meningkatkan kompetensi guru menggunakan/mengoprasionalkan teknologi, memberi bimbingan atau pendampingan anak secara kelompok atau individual, dan memberi pengertian kepada siswa.
Full Text:
PDFReferences
Albertus Adit. 2020. Kompas.com, di publis minggu 29 Desember 2019, tanggal akses 27 Oktober 2020 http://www.goggle.com/ulasananakharusberumur7tahun.
Ali sadikin, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengahwabah Covid 19, JIPB, VOL 6 NO.02, 2020
Andila Ramadani. 2015. Implementasi Surveilans Middle East Respiratory Syndrom Virus dan Ebola di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya Wilayah Kerja Juanda. (Surabaya: Skripsi Universitas Jember, 2015)
Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Sleman, dipublish, 2015)
Cakti Indra Gunawan. 2020. Anomali Covid-19 Dampak Positif V irus Corona Untuk Dunia (Malang : CV IRDH, 2020)
Cakti Indra Gunawan, Dkk. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Pendidikan. (Malang : CV
IRDH). 2020.
Edi Irawan. 2020. Pendidikan Tinggi Di Masa Depan .ZAHIR PUBLISHING.ISBN :978- 623-7707-67-7. 2020. Hal 14-22
Kevin Adrian. 5 Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona. Di Akses Pada 11 Oktober 2020 pada akses http://www.alodokter/ketahui-cara-untuk- mencegah-penularanvirus-corona
Lexy J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
M. Quraish Shihab. 2020. Corona Ujian Tuhan Sikap Muslim Menghadapinya. Tangerang:PT. Lentera Hati
Muh Roshihuddin. 2020. Pengertian Problematika Pembelajaran, http://bejerembun.
Blogspot.com/2012/11 diakses 2020/11/18
Muhammad Hafil. 2020. Hadits Nabi Tentang Wabah Penyakit, republika.co.id. di publis 16 maret 2020 diakses 27 oktober 2020 dari https://www.google.com/hadits
Okta ika handarini,dkk, 2020.Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh) Selama Pandemic Covid 19, JPAP, VOL 25 NO. 3, 2020, hal 499-500
Rizal Fadli, Coronavirus, Hallo Doc, diakses pada tanggal 24 Juni 2020 dari
httpsp://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus Sospoltanjung.blogspot.com. Pengertian Problematika, dipublis 23 Oktober 2015,
diakses 18 November 2020
TribunMataram.com di publis 27 Oktober 2020, di akses 27 Oktober 2020 https://www.google.com
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i1.3685
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International