Kebijakan Pendidikan Pesantren di Indonesia
Abstract
Tujuan Untuk menganalisis dan menemukan pesantren dalam lembaga, untuk menganalisis dan menemukan pesanteren lintasan sejarah, Untuk menganalisis dan menemukan subtansi disentralisasi manajemen pendidikan, Untuk menganalisis dan menemukan strategi kebijalan ideal. Metode penelitian observasi studi pustaka, hasil penelitian Pesantren dalam lembaga beberapa elemen dasar yang merupakan ciri khas dari pesantren itu sendiri, elemen itu adalah: Pondok atau asrama,Tempat belajar mengajar, biasanya berupa Masjid danbisa berbentuk lain, Santri, Pengajaran kitab- kitab agama, bentuknya adalah kitab- kitab yang berbahasa arab dan klasik atau lebih dikenal dengan istilah kitab kuning, Kiai dan ustadz. Pesanteren lintasan sejarah Terkait dengan sejarah pondok pesantren, Musyrifah Sunanto menjelaskan bahwa: Di Jawa sebelum Islam datang, pesantren sudah dikenal sebagai lembaga pendidikan agama Hindu. Setelah Islam masuk, nama itu menjadi nama lembaga pendidikan agama Islam. Lembaga pendidikan Islam ini didirikan oleh para penyiar agama Islam pertama yang aktif menjalankan dakwah. Mereka masuk ke daerah pedalaman Jawa dan berhasil mendirikan lembaga pendidikan. Dari lembaga pendidikan inilah menyebar, yaitu pesantren yang hanya memiliki masjid dan rumah kiai Pesantren jenis, yaitu pesantren yang memiliki masjid, rumah kiai dan pondok, Pesantren C yaitu pesantren yang terdiri dari masjid, rumah kiai, asrama atau pondok dan madrasah, Pesantren jenis D adalah pesantren yang sudah terdiri dari beberapa unsur yaitu masjid, rumah kiai, asrama, madrasah ditambah pendidikan keterampilan, program pertanian dan lain- lain.Strategi kebijalan ideal Kurikulum pondok pesantren yang ada sekarang ini, mengacu pada pengertian yang luas seperti yang diungkapkan oleh J. Galen Saylor dan William M. Alexander tersebut, sehingga kurikulum yang ada di pesantren dapat mencakup segala kegiatan baik berupa intra- kurikuler ataupun ekstra-kurikuler yang diikuti oleh santri maupun kiainya. Dalam hal ini adalah pondok pesantren khalafi (modern).
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Said Zainal, 2012, Kebijakan Publik, Jakarta : Salemba Humanika. Abror, Abd. Rochman, 1993, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ali, Mukti, “Meninjau Kembali Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Ulama”, dalam Jurnal
Pesantren, No.2, Vol.IV, 1987.
Azra, Azyumadi, 1998, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Azwar, Saifuddin, 1997, Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
--------------, 2012, Penyusunan Skala Psikologi,, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chirzin, M. Habib, 1974, “Pengejawantahan Nilai Pesantren secara Berperan Serta” dalam Pesantren No.2
Darmaningtiyas, 2004, Pendidikan Yang Memiskinkan, Yogyakarta : Galang Press (Anggota IKAPI)
-------------, 2012, Manipulasi Kebijakan Pendidikan, Jakarta: Resist Book.
Daulay, Haedar Putra, 2001, Historisitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Depag RI, 2005, Naskah Kerjasama Antar Instansi, Jakarta: Depag RI. Departemen Agama RI, 2002, Pedoman Pondok Pesantren, Jakarta.
Depag RI, 2008, Pendidikan Kesetaraan Paket B Pada Pondok Pesantren, Jakarta.
Djamil, Abdul,dkk., 1999, Pesantren dan Kebudayaan; Kajian Ulang Tentang Peran Pesantren Sebagai Pembentuk Kebudayaan Indonesia, Semarang: IAIN Walisongo
Dhofier, Zamakhsyari, 1994, Tradisi Pesantren; Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta
: LP3ES Dunn,
William N, 2000, Public Policy Analysis: An Introduction, terj., Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Edwards , George C., 1990, The Policy Predicament: Making and Implementing Public Policy, San Francisco: W.H. Freeman and Company
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i1.3683
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International