Perbandingan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA

Ummi Rolita Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas Vyang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik daripada menggunakan Model PembelajaranExample Non Exampledi MI Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VB berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Picture and Picture dan model pembelajaran Example Non Example sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VB yang menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 26 orang siswa (88%) mendapatkan nilai 69,9 sampai 90,3 dengan rata-rata 80sedangkan hasil belajar kelas VC yang menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example sebanyak 23 orang siswa (70%) mendapatkan nilai 58,2 sampai 79,6 dengan rata-rata 69. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,686 dan nilai ttabel untuk df= 47 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,684. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel(3,686 > 2,684).

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Alfarisi Salman, Hafidz dan Sahid. 2019.“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VII di SMP Negeri 1 Srreseh”, Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya.

Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib Zainul. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif).

Bandung: Yrama Widya.

Burhan Bungin. 2013. Metode penelitian kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group. Fauziyah Tati danBermawi Yoserizal. 2014. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture And

Picture Pada Materi Peninggalan sejarah Di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh”, Jurnal Pesona Dasar Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, Vol 2 No 3.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015RagamPengembangan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Kata Pena.

Tim Dosen. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah dasar. 2015. Sumedang: Upi Sumedang Press.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group. Sugiyono. 2015. Statistika untuk penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Karisma Putra Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International