Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
matematika siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan alat peraga dakota lebih baik dari pada yang diajarkan tidak menggunakan alat peraga dakota di SD Negeri 61 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 27 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B berjumlah 27 orang sebagaikelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu alat peraga dakota sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal essay. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan alat peraga dakota lebih baik dari pada yang diajarkan tidak menggunakan alat peraga dakota di SD Negeri 61 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,383 dan nilai ttabel untuk dengan df 52 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,674. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,383 > 1,674). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan alat peraga dakota dan yang tidak menggunakan alat peraga dakota.Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi belajar mengajar, Jakarta : Rineka Cipta Hartiny, Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas,Yogyakarta : Teras
Heruman, 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika, Malang : Ikip Malang
Istiani, Ana dan Arnidha,Yunni. 2018. Pendampingan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Dakota Pada Pembelajaran FPB DAN KPK, Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 8 No. 1.
Jihad, Asep Dan Haris, Abdul. 2012. EvaluasiPembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo Riduwan, 2013. Dasar-dasar Statistik, Bandung : Alfabeta.
Riduwan, 2008. Belajar Mudah Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Prosess Pendidikan, Jakarta : Kencana
Syafri, Fatrima Santri. 2016. Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru Sd / Mi,Yogyakarta : Matematika
Sekti, Triani. 2016. Media Pembelajaran Dakota Untuk Pembelajaran Matematika Fpb Dan Kpk, Diakses dari http://Trianasektitik.Blogspot.Com/2016/09/Media-Pembelajaran- Dakota-Untuk.Html.Pada Tanggal 22 Juni 2019.
Septiyana, Dwi. 2018. Penggunaan Alat Peraga Dakota Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fpb Dan Kpk Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kalitengkek Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi S1 Fakultas Keguruan Dan ilmu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Sundayana, Rostina. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Dalam Pembelajaran Matematika,
Bandung : Alfabeta
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Grouph. Sugiyono. 2007. Metodel Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R dan D, Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian, cetakan ke-26, Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Prenada Media Group
Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta : RajawaliPres
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Wahyuni, Pirna. 2018. Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Kelas V Mi An-Najah Sesela Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram,
Wikipedia. Congklak. Diakses Pada Hari Sabtu Tanggal 17 Oktober 2019, pukul 06.40 Wib. https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/congklak.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3604
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International