Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah

Lailli Nurhidayati, Asiyah Asiyah, Zubaidah Zubaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV D yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV E yang mengikuti ekstrakulikuler Tahfizh berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode Takrir dan metode Kitabah sedangkan variabel terikat yaitu hasil hafalan Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil hafalan Al- Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di MIN 02 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,355 dan nilai ttabel untuk df= 48 dengan taraf signifkan 5% adalah 1,677. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,355 > 1,677). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode Takrir dengan metode Kitabah di kelas IV MIN 02 Kota Bengkulu.

Full Text:

PDF

References


Arman Bin Ahmad Yasin Al-Hafidz. 2013. Agar Sehafal Al-Fatihah. Jakarta: Hilal Media.

Abdulwaly, Cece. 2016. Kunci Nikmatnya Menjaga Hafalan Al-Qur’an. Yogyakarta: diandra creative.

Anshori. 2013. Ulumul Qur’an Kaidah-Kaidah Memahami Firman Tuhan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arief S.Dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Fathurrohman, Pupuh. 2017. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung : PT Refika Aditama.

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Pemebelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Muhammad Mahfudz bin Muhammad Ayyub Al Hafidz. 2015. Ayah Bunda Jadikan Aku Hafidz Al-Qur’an. Bekasi :Tanmia Foundation.

Najib, Mughni. 2018. Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Vol. 8 No. 3, Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sopiatin, Popi Dkk, 2011. Psikologi Belajar Dalam Persepktif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia. Sukardi, 2015. Evalusi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian, cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta. Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Umar al-faruq al-hafizh. 2014. 10 Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur’an. Surakarta: Ziyad Books. Yahya Abdul Fattah Az-Zawawi (Al-Hafizh). 2018. Revolusi Menghafal Al-Qur’an.

Surakarta:Insan Kamil.

Zainal Abidin, Ahmad. 2016. Metode Cepat Menghafal Juz ‘Amma. Yogyakarta: Mahabbah. Zulhannan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Zulfa Nurul Waridatil. 2018. Perbedaan Implementasi Program Tahfizh Di Sekolah Dan Madrasah Di Surakarta, Jurnal Studi Islam. Vol. 19




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International