Hubungan Pemberian Reward dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Fitri Yusipa, Nurlaili Nurlaili, Abdul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu reward sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti adanya hubungan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan Uji Hipotesis yaitu diperoleh rxy = 0,487 sedangkan rtabel dengan df = 21 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433 berarti rxy > ttabel (0,487 > 0,433). Dengan demikian Ho menyatakan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa ditolak, dan sebaliknya Ha yang menyatakan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa diterima

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 model pembelajaran spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung:

Alfabeta.

Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International