Pengaruh Penggunaan Aplikasi Android Berbantuan Appsgeyser.Com terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Dela Safitri, Khermarinah Khermarinah, Wiji Aziiz Hari Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan aplikasi Android berbantuan appsGeyser.com terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas VB dan VC di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Peneliti ambil sampel kelas VB dan VC berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel memakai Simple Random Sampilng. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Tekink analisis menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Hasil uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok di diperoleh thitung = 2,941 sedangkan ttabel df 38 ( 40-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,685. Dengan demikian thitung > ttabel ( 2,941 > 1,685) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan aplikasi android terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada media Group,

Anas Sudijono, 2014. pengantar pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Aprida, Penggunaan dan Pemanfaatan Android dalam Dunia Pendidikan diakses pada tanggal

Juli 2019 pada pukul 11.00 Wib dari http://septialutfi-1102412114- 03.blogspot.co.id/2013/09/ penggunaan-dan-pemanfaatan-android.html

Edi S. Mulyanta. 2005. Kupas Tuntas Telepon Seluler Anda, Yogyakarta: Andi Offset

KBBI, "Kamus Besar Bahasa Indonesia," Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, [Online].Available:http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/. Di akses pada tanggal 19 Oktober 2019 pukul 13.00 Wib

Khanza Safitra, Ayat Al-Quran Tentang Ilmu diakses pada tanggal 18 oktober 2019 pukul

00 Wib dari https://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/ayat-ayat-al- quran-tentang-ilmu

Kurnanda. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Mardia Tiaceh. Makalah IPS, diakses pada 5 Januari 2020 dari https:// mardiatiaceh.wordpress.com/2013/05/11/makalah-ips/

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cetakan Kesembilan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nadir, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Surabaya: Amanah Pustaka

Rosma hartiny Sam’s. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas Teknik Bermain Kostruktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Teras

Sapriya, dkk. 2008 . Pendidikan IPS, Bandung: Laoratorium PKn UPI Press, Sugiyono, 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Hak cipta.

..............2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV, Alfabeta,

Tiya Pangestika Putri. Penggunaan dan Pemanfaatan Android dalam Dunia Pendidikan http://septialutfi110241211403.blogspot.co.id/2013/09/penggunaandan pemanfaat an-android.html, diakses Pada tanggal 13 Juni 2019 pada pukul 10.00 Wib

Www.AppsGeyser.Com/About/ Di akses pada tanggal 30 Juli 2019 pada p ukul 08.00 Wib




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International