Seksualitas Pada Remaja dalam Kajian Psikoanalisa

Dina Astriyani, Aenur Rohimah, Pera Peli Putri, Rasikah Anis Mardatilah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk membahas seksualitas terhadap pergaulan bebas pada remaja yang di kaji melalui teori teori dari psikoanalisa. Dimana teori psikoanalisa ini menjelaskan seksualitas sebagai pembangunan dalam diri manusia yang pada dasarnya ditentukan perkembangan dan perubahan zona sensitif seksual dan sering kali disebut dengan istilah psikoseksualitas. Dalam hal ini penelitian iniĀ  menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur. Sumber utama dari penelitian ini adalah jurnal, dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa seksualitas menurut psikoanalisa ini sangat berperan dalam perkembangan individu dalam konteks seksual dan pembentuk kepribadian individu terhadap dorongan seksualitas.Oleh karena itu kami mencoba mengangkat penelitian ini agar kita semua atau khususnya para remaja dapat terhindar dari pergaulan bebas terkhususnya pada seksualitas yang sangat marak dalam lingkungan sekitar kita dan agar kita mengetahui dampaknya sehingga kita bisa terhindar dari pergaulan bebas seksualitas ini.

Full Text:

PDF

References


Dawam, A. (2003). Sigmund Freud dan Homoseksual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 41-60.

Dewi, G. A., Astini, P. S., & Sipahutar, I. E. (2020). Edukasi dengan Media Komik Terhadap Efikasi Diri Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Gema Keperawatan, 13(2), 59-68.

Farina, S., & Wardhana, A. (April 2022). Komunikasi Persuasif dalam Upaya Menanggulangi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Instansi Pemerintah Daerah Istimewa. Jurnal Kopis : Kajian penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 5(1), 46-60.

Gaol, S. L., Harahab, T. N., & Sianipar, S. L. (2023). Studi Kasus pada Peserta Didik Kecanduan Remaja Menonton Pornografi. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), 231-236.

Hanifah, S. D., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Seksulitas dan Seks Bebas Remaja. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 57-65.

Hasanah, I., Fithriyah, I., & Mufrihah. (2021). Perkembangan Psikoseksual Santri pada Usia Dini. Jurnal BK Pendidikan Islam, 2(1), 21-35.

Husin. (2017). Id Ego dan Superego dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al qalam, 11(23), 47-64.

Husna, F., Yulita, R., Syamrosa, A. I., & Lesmana, G. (2023). Literature Study of Client Problems Psychoanalytic Criteria. Indonesia Jurnal of Advanced Research, 2(8), 1061-1070.

Kasim, F. (2014). Dampak Prilaku Seks Berisiko terhadap Kesehatan Reproduksi dan Upaya Penangananya. Jurnal Studi Pemuda, 3(1), 39-48.

Kwirinus, D. (2022). Menyikap Teori Seksualitas Psikoanalisa Sigmund Freud dan Usaha Penerapannya dalam Pendidikan Seksualitas. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 556-573.

Sebayang, W., Sidabutar, E. R., & Gultom, D. Y. (2018). Perilaku Seksual Remaja. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Situmorang, P. R. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Anak Usia PraSekolah dalam Mencegah Kekerasan Seksual. Jurnal Masohi, 1(2), 82-88.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v2i2.2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA