Intensitas Penggunaan Game Online terhadap Interaksi Sosial Remaja

Dedeng Ependi, Rediko Amanda Putra, Diah Ninawati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan intensitas penggunaan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket sebanyak 35 pertanyaan yang terdiri dari 15 pertanyaan indikator interaksi sosial dan 20 pertanyaan indikator game online. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data dan analisis regresi. Penelitian ini menyimpulkan bawah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Hal ini ditunjukan pengaruh penggunaan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa mencapai 33,3% dan sisanya 66,7%  interaksi sosial dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Afidatama, M. F. (2020). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap interaksi sosial mahasiswa pada program studi bimbingan dan konseling tahun akademik 2019-2020 universitas pancasakti tegal. Skripsi, 1-106.

Amelia, O. (2021). Pengaruh Game Online Pubg Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X di sekolah Menengah Kejuruan Negri 03 Bengkulu Utara. skripsi, 1-96.

Anjasari, E. A., I Gusti, A. M., & Desak, P.(2020). HUbungan Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja. Matematika, 9, 177-181.

Eryanto, Riva'e, W., & Salim, I. (2019). Interaksi sosial mahasiswa antar anggota himpunan mahasiswa islam komisariat fkip untan cabang pontianak. sosial interaction, 1-14.

Fajri, C. (2012). Tentang Industri Kreatif Game Online di Indonesia. Komunikasi, 1(5), 443-454.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampak Terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan dan Konseling. Konseling dan Pendidikan, 4(3), 211-219.

Gregorius, I. (2014). Tingkat Motivasi Belajar Pada Siswa Etnis Dayak Benuaq. Skripsi, 1-64.

Hakiki, C. (2019). HUbungan Kecanduan game online mobile legend terhadap interaksi sosial pada mahasiswa fakultas psikologi maulana malik ibrahim malang . skripsi, 1-137.

Kusumawardani, s. P. (2015). Game Online sebagai Pola Perilaku. Clash of clans indo sprit pola perilaku interaksi sosial, 1-8.

Lebho, M. A., Lerik, M. C., Wijaya, R. P., & dkk. (2020). Prilaku kecanduan game online ditinjau dari kesepian dan kebutuhan berafiliasi pada remaja. of health and behavioral science, 2(2), 202-212.

Melantika, N., Itriah, & Mutiah, M. (2017). HUbungan antara interaksi sosial dengan suasana hati pada mahsiswa. Psyhe, 11(2), 97-106.

Mohammad, F. A. (2010). Pengaruh Intensitas Bermain Gme online terhadap interaksi sosial mahasiswa pada program studi bimbingan konseling tahun akademik 2019-2020 universtas panca sakti tegal. Skripsi, 1-106.

Monika, N. &. (2018). Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Peserta Mabinmaba 2017. Muara Ilmu Sosial, 2(2), 575-586.

Mulyadi, Y. y. (2020). Wadah Interaksi Sosial. Sain teknologi urban perancangan arsitektur, 2(1), 37-44.

Nasrillah. (2017). Peranan dalam Komunikasi Menurut Islam. Warta Edisi, 1-30.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online Pada Remaja Dampak dan Pencegahan. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.

Oktaviani, A. (2021). Pengaruh Game Online Pubg terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pai kals x di sekolah menengah kejuruan negri 03 bengkulu utara. skripsi, 1-96.

Purnamasari, N. D., & Sabrina, A. (2020). Tinjauan Kriminologis Terhadap Anak Pecandu Game Online Khususnya dikota Balikpapan. lex surlema, 2(2), 153-167.

Qusyairi, L. M. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Studi keislaman dan ilmu pendidikan, 7(1), 149-166.

Sagara, S., & Masykur Achmad, M. (2018). Gambaran Online Gamer. Empati, 7(2), 418-424.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Geme Online Terhadap Remaja. curere, 1(1), 2597-9515.

Yanthie, D. (2020). Dampak game online terhadap prilaku mahasiswa akamigas balongan. Rekayasa teknologi dan sains, 4(1), 13-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA