Dampak Positif Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 1 Model Kota Bengkulu

Niken Karsella, Dika Afrilia, Muhammad Alif

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keluarga merupakan ruang yang utama dan efektif untuk menumbuhkan potensi kecerdasan spiritual anak. Anak yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang kecerdasan spiritualnya tinggi maka akan menjadi pribadi yang baik dan sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak positif pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual siswa di Man 1 Model Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan jurnal ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian adalah 350 siswa, untuk sampel penelitian ini mengambil jumlah 150 sampel, dengan menggunakan teknik sampling kuota. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dengan penilaian skala likert. Dengan demikian berdasarkan olah data dapat disimpulkan terdapat dampak positif antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan spiritual siswa di Man 1 Model Kota Bengkulu.

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Thufu LA, 5(1), 103-122.

Badria, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Home Schooling. Jurnal Com Edu, 1(1), 1-8.

Guna, M. S., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 340-352.

Irawan, V. W. (2019). Peranan Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 33-47.

Kinanti, R. D., Effendi, D. I., & Mujib, A. (2019). Peranan Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Remaja. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling dan Psikoterapi Islam, 7(3), 249-270.

Kurnia, N. D., Chotimah, U., & Faisal, E. E. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 4(1), 49- 59.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 116- 122.

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85-98.

Nurfianti, Alimuddin, N., & Jusmiati. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1-16.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1-21.

Prima, N. R., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 7(3), 259-264.

Rahmawati, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual. Jurnal Penelitian, 10(1), 97-124.

Rifai, A. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual. Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(2), 258-291.

Sabiq, Z., & Djalali, A. (2012). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 53-65.

Sakti, N. S. (2019). Urgensi Kecerdasan Spiritual Terhadap Agresivitas Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 175-184.

Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(2), 219-237.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 23-29.

Tampi, C. W. (2015). Deskripsi Kecerdasan Spiritual Mahasiswa.

Thalib, M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 221-237.

Zulfadilah, L. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA