Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa

Rani Anggraini, Aprido Tasa Ubidia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan media sosial terhadap minat belajar mahasiswa di Perguruan Tinggi Bengkulu. Penggunaan media sosial yang akan diteliti media sosial tik tok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada pihak yang ingin diteliti. sampel yang diteliti adalah mahasiswa di Perguruan Tinggi Bengkulu. Pengambilan angket berjumlah 154  mahasiswa terdiri dari laki-laki 49 orang dan perempuan 103 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi rhitung sebesar 0,638 taraf sigifikansi 0,00 yang artinya rhitung < rtabel 0,638 menunjukkan  bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara penggunaan media TikTok terhadap Minat Belajar Mahasiswa yang cukup kuat dengan nilai R 0,407 atau sebesar 40,7% Bermedia sosial TikTok memberikan sumbangsih terhadap minat belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.

Aldhora, N., & Apriatama, D. (2021). Bimbingan Kelompok dengan Media Aplikasi Tiktok untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Daring melalui Whatsapp Group. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(02), 133-141.

Amelia, R., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022, Maret). Pengembangan Vidio Pendukung Pembelajaran Pada Materi Matrikis Untuk Kelas XI SMA Berbantuan Media Sosial Tiktok. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(1), 89-99.

Asdiniah, E. N., & lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.

Asyari, A., & Minarisa. (2022, juli). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Bakat Belajar Siswa MA Miftahul Ishlah Tembelok. I S L A M I K A Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 421-432.

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, K. A. (2021, Mei). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 120-128.

Hutajulu, C. S., Sherly, & Herman. (2022). Peran Aplikasi Tiktok terhadap Minat Belajar Siswa SMA. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3002-3010.

Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhufa, 11(1), 21-26.

Malibe, A., wani, F., & Suwu, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 1(1), 2-10.

Moneta, A. B., & Advendi, K. (2022). Penerapan Vidio Tiktok Berbasis F_Scaffolding Prosedural Dalam Materi Senam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK di SMK Dharma Wanita Gersik. Sibatik Journal, 1(9), 1065-1616.

Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdullah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran HYBRID Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di SMK X Kota Bekasi. Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135-153.

Ramadani, N. S., Hadipurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Daring. AKADEMIKA ; Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2655-9633), 425-435.

Santoso, L. T., & Sukartiningsih, W. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Trosobo II. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok, 09(09), 3188-3197.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA