Peningkatan Motivasi Belajar Terkait dengan Penggunaan Teknologi Informasi: Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Putri Intan Safira

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap motivasi belajar Mahasiswa UINFAS Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 124 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket sebanyak 35 pernyataan yang terdiri dari 20 pernyataan indikator motivasi belajar dan 15 pernyataan indikator teknologi informasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa R sebesar 0.655 serta probabilitas >0.05 . Artinya hipotesis diterima, adanya hubungan yang kuat dan berarah positif antara teknologi informasi terhadap motivasi belajar dengan nilai sumbangsih 42,9%. Selebihnya 57,1% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H. (2009, Januari-Juni). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Iqro', 3(1), 37-52.

Adhyatma, N. (2019). Penerapan Teknologi Informasi dalam Kegitan Guru Bimbingan Konseling di sekolah kejuruan (SMK) 10 Jakarta Timur. Proposal Penelitian, 16.

Ahmad, N., Ilato, R., & R.Payu, B. (2020, July). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79.

Dina, P. A. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Madrasah Tsanawayah Negeri Batu. Skripsi, 1-25.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Siswa Dalam Pembelajran. Lantanida Jaurnal, 5(2), 93-196.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minta Belajar Siswa Kelas IV ADN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. JAURNAL JPSD, 4(1), 48-53.

Gregorius, I. (2014). Tingkat Motivasi Belajar Pada Siswa Etnis Dayak Benuaq. Skripsi, 1-64.

Indriyani, N. (2019). Pengaruh Internet dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siaswa Kelas V SDN Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Skripsi, 1-67.

Kadir, A., & Triwahyuni, T. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida, 4(2), 88- 97.

Muhasim. (2017, November). Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Perserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 54-77.

Naibaho, R. S. (2017, April). Peranan dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahan. Journal Warta Edisi : 52, 1-12.

Pautina, A. R. (2017, Agustus). Konsep Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 1-12.

Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Sumber Belajar E-Book Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas X MAN 2 HSS. proposal Skripsi, 34.

Riyani, Y. (2012, Februari). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal EKSOS, 8(1), 19-25.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran The Urgensi Of Motivasi In Leaening Process. Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.

Suhari, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi BelajarSiswa. Bimbngan dan Konseling, 131-145.

Zabir, A. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. technologi, leaning, motivasi , 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i1.2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA