العلاقة بين قدرة قراءة القران وهمة الطالبات في تعلم اللغة العربية للصف الثامن بتربية معادلة بالمعهد السلفي هداية القمرية بنجكولو

Qolbi Khoiri, Lapas Zoni, Windi Andriani

Abstract


This research is a quantitative type of correlational research. This study aims to determine the relationship between the ability to read the Al Qur’an with an interest in learning Arabic in grade 8 female students of the Equalization Education of Salafiyah Hidayatul Qomariyah Islamic Boarding School Bengkulu. The entire data obtained was analyzed using descriptive statistical analysis and parametric inferential statistical analysis with the Pearson Product Moment bivariate correlation type. The results showed that the calculation of the relationship between the ability to read the Koran and the interest in learning Arabic in grade 8 female students of the Equalization Education of the Salafiyah Hidayatul Qomariyah Islamic Boarding School Bengkulu had a correlation value (r count) of 0.125 with a very weak interpretation value. Based on the results of this study, it is suggested to Arabic teachers to make methods and media more interesting and intensively motivating female students about the importance of learning Arabic so that there is a high interest in learning Arabic.


Keywords


Ability to read the Al Qur’an, interest in learning Arabic, Hidayatul Qomariyah

Full Text:

PDF

References


Aflisia, Noza. 2066. “Urgensi Bahasa Arab Bagi Hafizh Al-Qur’an”. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 1(1):47–66.

Andriani, Windi. 2022.“Hasil Observasi Awal yang Peneliti Lakukan di Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah, pada Rabu, 65 Februari 2022 Pukul 08:30”.

Anon. [s.d.]. “Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa SD/MI - Teuku Sanwil, Rizka Utami, Riyan Hidayat, Dasep Bayu Ahyar, Syarifah Rahmi, Evi Muzaiyidah Bukhori, Suci Ramadhanti Febriani,

Dwi Khoirotun Nisa, Nyak Mustakim, Akhmad Aufa Syukron - Google Buku”. Recuperado 30 de junho de 2023

(https://books.google.co.id/bookshl=id&lr=&id=8ORJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA49&dq=relate d:2ZECkXDZHcJ:scholar.google.com/&ots=zaq7ItmvY&sig=p02axPxbek0a-LOyihNe_zjmxGI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false).

Efendi, Nur, e Muhammad Fathuttohman. 2016. Studi Quran: Memahami Wahyu Allah Secara Lebih Integral dan Komprehensif. Yogyakarta.

Farida, Erlina. 2063. “Kemampuan Baca Tulis Al Quran dan Penguatan Agama Siswa Madrasah Tsanawiyah di 8 Kota Besar di Indonesia”. Jurnal Edukasi Volume 11, Nomor 3.

Fitriatus Sholihah, Akla, e Walfajri. 2020. “Pengajaran Bahasa Arab )Studi Minat Belajar Dan Kemampuan Berbicara Siswa(”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 12, No. 2.

Hafid, Karim. 2066. “RELEVANSI KAIDAH BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN”. Jurnal Tafsere 4(2). doi: 10.24252/JT.V4I2.2772.

Hijriyah, Umi, Juhaeti Yusuf, Iin Novika Aryanti, Fakultas Tarbiyah, Dan Keguruan, Universitas Islam, Negeri Raden, e Intan Lampung. 2020. “Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap

Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab”. Lughotuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(01):35–52. doi: 10.46552/ljpba.v1i1.1.

Imroatun, I. 2067. “Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. dalam Konferensi Tahunan Pendidikan Anak Usia Dini Islam )Aciece(”. Vol. 2.

Islamiyah, Ninda Dzumiratil. 2020. “Korelasi Kemampuan Membaca Al Quran dan Menulis Arab pada Mata Pelajaran Al Quran Hadis Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo., Ponorogo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. “Depdikbud”. 6–1.

Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Program Studi Menajemen Pendidikan Islam.

Mahdali, Fitriyah. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Al Quran dalam Prespektif Sosiologis Pengetahuan”. Mashdar: Jurnal Studi Al-Quran dan Hadis Vol.2 No.2.

Nuha, Ulin. 2066a. “Ragam metodologi & media pembelajaran bahasa Arab - Ulin Nuha - Google Buku”. Recuperado 30 de junho de 2023

(https://books.google.co.id/books/about/Ragam_metodologi_media_pembelajaran_baha.html?id=zrBtAQAACAAJ&redir_esc=y).

Nuha, Ulin. 2016b. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nurhidayah, N., e M. Jabir. 20206. “Studi Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle di Kelompok B Tk Al-Khairaat Kabonena Kota Palu”. Ana’bulava: Jurnal Pendidikan Anak 1 (1).

Raihan. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Saepudin. 2012. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Praktik. Yogyakarta:Trusmedia Publishing.

Setiawan, Andry. 2067. “Korelasi antara Penguasaan Bahasa Arab dengan Kemampuan Membaca Al Quran Santri Pondok Pesantren Modern Darul Qiyam Gontor 6 Magelang Tahun Ajaran6437/6438 H”. Skripsi, Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta,Yogyakarta.

Sholihah, Fitriatus. 2020. “Pengajaran Bahasa Arab )Studi Minat Belajar Dan Kemampuan Berbicara Siswa(”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 12, No. 2.

Slameto. 2015. Belajar dan Fakor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta .

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryadilaga, M. Alfatih. 2018. Pengantar Studi Al Quran dan Hadis. Yogyakarta: Kalimedia.

Yuliani, Lilis. 2068. “KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DENGAN MEMBACA AL-

QUR’AN SISWA KELAS VIII MTs NURUL QODIRI TIGA GAYAU SAKTI LAMPUNG TENGAH”. Skripsi,

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG,

Lampung.

إٔخفبع سغجخ اٌطٍجخ فٟ ِشبسوخ األٔشؾ اٌٍغ٠ٛخ فٟ لغُ اٌزؼُ١ٍ اٌٍغخ اٌؼشث١خ ثبٌغبِؼخ اإلعال١ِخ اٌؾى١ِٛخ ” .[.d.s [.عٛعخب ,فؼٍ١خ

ٌٛٛغىٔ“. Vol.6 No.6 Juni.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/im.v7i1.7304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

 Creative Commons License

Jurnal Imtiyaz ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia