Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligence Pada Siswa Kelas Vii Mtsn Kota Batu

Agus Salim, Moh Taufikurrahman, Nurul Aini, Sutaman -, Idrus Muchsin Bin Agil

Abstract


Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligence pada Siswa MTsN Kota Batu This study aims to understand the implementation of the Arabic language learning method based on Multiple Intelligence in class VII students of MTsN Kota Batu, including supporting and inhibiting factors. This study uses a qualitative approach with the type of field research. Data were collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis using the Miles and Huberman model, including data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that the application of the Multiple Intelligence method aims to identify students' intelligence so that teachers can design more effective and targeted learning. This method involves strategies such as imitating reading, conversation, watching videos, and activities outside the classroom, which are in accordance with the principles of learning based on multiple intelligences. Supporting factors include variations in the delivery of material by teachers, active student participation, and a pleasant classroom atmosphere. However, there are obstacles in the form of the need for extra patience and attention from teachers in understanding student intelligence, as well as high costs for supporting facilities. The conclusion of this study confirms that the application of the Multiple Intelligence method can improve student motivation and learning outcomes, although it requires high commitment from the school and teachers.


Keywords


Multiple Intelligence, Arabic Language Learning

References


Fakrilianur, F., Abdurrahman, A., & Siraj, S. (2024). Penilaian Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1143–1148.

Khatimah, R. H. (n.d.). Konsep multiple intelligences Howard Gardner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nisa, F. (2024). Tradisi Bangun Nikah Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo). IAIN Ponorogo.

Rianto, G., Hanafi, R., & Gusmanelli, G. (2024). Strategi Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 363–375.

Rina Afdhalianti, R. A. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN DESIMAL DENGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KAMPUNG BARU. Universitas NU Kalimantan Selatan.

Rusdiana, A. (2024). Sistem sekolah Islam terpadu.

SIAGIAN, B. R., & VERONICA, C. (2024). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pertumbuhan bisnis yang digunakan oleh pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi langsung ke tempat penelitian yang dituju. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, lalu mengelompokkan data yang telah didapat melalui wawancara, kemudian data hasil wawancara yang sesuai tersebut disajikan dalam bentuk narasi deskriptif, dikonfirmasi melalui observasi dan interview dengan konsumen atau pembeli yang dipilih secara acak, dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan usahanya dengan menggunakan strategi diversifikasi produk. Produk yang ditawarkan berupa produk elektronik dan furniture rumah tangga dengan merek dan jenis yang bervariasi. Target konsumen usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah, sesuai dengan misi dan filosofi nama usaha “SOLUSI “, yaitu menjadi solusi atau pemecahan masalah bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan strategi diversifikasi, usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture mampu bersaing dengan kompetitor sejenis, bahkan “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture sudah memiliki empat cabang usaha. Adapun lokasi cabangnya berada di Perdagangan, Lima Puluh, Sei Suka, dan Kuala Tanjung. Dapat disimpulkan bahwa strategi pertumbuhan yang diterapkan pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture sudah berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan pemiliknya, yaitu meningkatkan penjualan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Strategi Pertumbuhan Bisnis, Diversifikasi, Peningkatan Penjualan.

Wahidah, F., & Ibad, T. N. (2024). ARAH BARU SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DAN FINLANDIA DALAM MENYIAPKAN GENERASI EMAS. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1).

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/im.v8i2.6752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

 Creative Commons License

Jurnal Imtiyaz ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia