PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah menengah. Metode langsung merupakan salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menekankan penggunaan langsung bahasa target tanpa perantara bahasa ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di sebuah sekolah menengah di Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, praktik lapangan, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode langsung dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan siswa dalam bahasa Arab, namun tetap menghadapi tantangan dalam hal pemahaman tata bahasa dan pengembangan keterampilan menulis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
“L24116015_skripsi 1-2”.
F. Masturoh and I. Mahmudi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 4, no. 2, pp. 207–232, Jul. 2023, doi: 10.52593/klm.04.2.07.
M. Maulita, “Proceedings Series of Educational Studies Prosiding Seminar Nasional ‘Peran Manajemen Pendidikan Untuk Menyiapkan Sekolah Unggul Era Learning Society 5.0’ Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Hasil Observasi Di SDN Jambearjo 01 Mengenai Sistem Kurikulum Merdeka.”
“Buku - Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab”.
A. A. Abdullah, N. Ahid, T. Fawzi, M. A. Muhtadin, I. Kediri, and U. Satu Tulungagung, “T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN”, [Online]. Available: https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah
“DINDA AMELIA FIRDAUS_T20164037”.
D. Oleh Fatimatuzzohroq and R. maulida, “KEBIJAKAN KEPEMIMPINAN WAKA KURIKULUM TERHADAP KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN.”
H. Agus Pahrudin, M. Pd, H. M. Hadi, and M. Si, “MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM KOTA METRO DISERTASI Diajukan Kepada Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Guna Memenuhi Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Doktor dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam Oleh HAMDI ABDUL KARIM NPM: 1986031004 TIM PROMOTOR.”
H. Lamote, “KESULITAN-KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH DDI LABIBIA,” 2017.
R. R. Dhani, M. Pd, D. Prodi, A. P. Stkip, and B. Binjai, “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM.”
D. Penerapan, P. Di, A. Darmiyanti, and N. ’ Ul Munafiah, “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini,” Maret 2023, vol. 08, no. 01, doi: 10.24903/jw.v%vi%i.1141.
F. Masturoh and I. Mahmudi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 4, no. 2, pp. 207–232, Jul. 2023, doi: 10.52593/klm.04.2.07.
F. Masturoh and I. Mahmudi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 4, no. 2, pp. 207–232, Jul. 2023, doi: 10.52593/klm.04.2.07.
M. Zainuri Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, “PERKEMBANGAN BAHASA ARAB DI INDONESIA,” JURNAL TARLING, vol. II, no. 2, 2019.
F. Masturoh and I. Mahmudi, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 4, no. 2, pp. 207–232, Jul. 2023, doi: 10.52593/klm.04.2.07.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/im.v8i2.5671
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by :




Jurnal Imtiyaz ini diterbitkan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia