PENERAPAN PENDEKATAN DEEP LEARNING MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Putri Dwita, Villia Anggraini, Melisa Melisa

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bonjol, Kabupaten Pasaman. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis dampak penerapan metode pembelajaran mendalam melalui model kooperatif berupa Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di sekolah yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol post-test saja. Sasaran penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bonjol. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak, dengan memilih kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas XI F4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama, yaitu 36. Alat utama yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai P-value sebesar 0,043, yang lebih kecil dari 0,05 pada tingkat signifikansi α=0,05, sehingga hipotesis dapat diterima. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menerapkan metode Deep Learning melalui model kooperatif TGT terbukti lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 1 Bonjol, Kabupaten Pasaman.


Keywords


Deep Learning, Model Kooperatif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Retorika, 5(1), 1–14.

Andrijanto, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Tenis Meja. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 243–250.

Dhomiri, A., Junedi, & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128.

Hidayatullah, S., Muqowim, & Fauzi, M. (2023). Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Literasiologi, 9(2), 89.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Mardhani, S. D. T., Haryanto, Z., & Hakim, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 206–213.

Margareta, E., & Manalu, S. I. Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-Gala. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Entrpreneurship, 1(3), 24–33.

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9120.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Buku Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Subekti, H. A., Rochmiyati, S., & Dewana, E. N. (2024). Penerapan Model TGT Melalui Media Kartu Domino dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V. 3(1).

Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 1030–1037.

Zebua, J. Y., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 587–594.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id