PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATAKULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH MENENGAH: PROSES DAN HASIL

Tria Utari, Dewi Rahimah

Abstract


Matakuliah Kapita Selekta Matematika Jenjang Pendidikan Menengah merupakan matakuliah yang bertujuan menghasilkan mahasiswa yang mampu menguasai materi matematika jenjang sekolah menengah hingga melakukan evaluasi pada materi tersebut. Untuk mewujudkan hal ini,  penerapan model Project Based Learning (PjBL) menjadi salah satu pilihan yang tepat, karena PjBL merupakan model pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil implementasi Model Project Based Learning (PjBl) pada matakuliah Kapita Selekta Matematika Jenjang Pendidikan Menengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek sasaran dalam penelitian ini adalah 45 orang mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2023/2024 yang mengambil matakuliah Kapita Selekta Matematika Jenjang Sekolah Menengah. Metode pengambilan data yang digunakan ialah observasi dan survey.  Hasil evaluasi proses pelaksanaan proyek berdasarkan angket peer review menunjukkan 8 temuan evaluasi rekan sejawat,  hasil analisis data angket self assesment menunjukkan bahwa 75,6% mahasiswa belum menguasai pengerjaan proyek yakni cara menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika.  Sementara itu hasil analisis produk menunjukkan bahwa rata-rata nilai laporan yakni 88,72 dan rata-rata nilai presentasi yakni 85,23. Kendala yang dihadapi  dalam pelaksanaan proyek yakni kesulitan dalam manajemen waktu dan penanganan penerapan proyek yang rumit.


Keywords


Project Based Learning, Kapita Selekta Matematika, Sekolah Menengah

Full Text:

PDF

References


Agus Susanta, E. S. R. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61.

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017). Project-based Learning: a Literature Review. Mdrc : Building Knowledge to Improve Social Policy, P-12 Education, 2.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586.

Halimah, L., & Maswati, I. (2022). Project based learning untuk pembelajaran abad 21. Refika Aditama.

Hanifah, H., & Utari, T. (2022). Implementation of Project Based Learning in Mathematics Capita Selecta for Elementary School. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1738–1750.

Hidayati, U. (2024). Efektivitas Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 531–538.

Hilton, M. L., & Pellegrino, J. W. (2012). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. National Academies Press.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 3 Tahun 2020.

Kemendikbud. (2021). Indikator kinerja utama perguruan tinggi negeri dan lembaga layanan pendidikan tinggi di kementerian pendidikan dan kebudayaan. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 3 / M / 2021, 1–33.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.

Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning. Ascd.

Mahmudi, A. (2011). Project Based Learning. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mayangsari, S. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (Pjbl). LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 19(2), 33–43.

Muqtada, M. R., Pradanti, P., & Subaidah, S. (2023). Perspektif Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 66–75.

Nenden Latifah Ulfani Fauzia, J. B. K. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596–603.

Pucher, R., & Lehner, M. (2011). Project Based Learning in Computer Science - A review of more than 500 projects. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 1561–1566.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Edutech, 5(1),84–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id