ETNOMATEMATIKA PADA LEMANG DAN GULA MERAH DI KECAMATAN KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

Ragilvi Piusta Ningsih, Selvi Riwayati, Nyayu Masyita Ariani, Masri Masri, Rahmat Jumri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aktivitas etnomatematika dalam proses pembuatan lemang dan gula merah di Desa Sukarami, Kecamatan Kelam Tengah, Kabupaten Kaur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembuatan lemang terdapat konsep matematika seperti pengukuran panjang menggunakan satuan tidak baku (jengkal tangan), rasio campuran bahan, estimasi waktu berdasarkan tanda-tanda alamiah, rotasi dan sudut kemiringan saat pembakaran, serta pembagian panjang yang seragam. Sementara itu, dalam proses pembuatan gula merah, ditemukan konsep pengukuran volume air nira secara tradisional, estimasi waktu perebusan, serta penggunaan bentuk geometri seperti lingkaran dan tabung pada cetakan dan hasil akhir produk. Temuan ini membuktikan bahwa masyarakat secara turun-temurun telah menerapkan konsep matematika dalam praktik keseharian mereka, meskipun tidak menggunakan istilah formal matematika. Aktivitas budaya ini memiliki potensi sebagai sumber belajar matematika yang kontekstual dan berbasis kearifan lokal.

Keywords


Etnomatematika, Lemang, Gula Merah, Matematika Kontekstual, Kearifan Lokal.

Full Text:

PDF

References


Andriono. (2021). Pendidikan Matematika Berbasis Budaya: Konsep dan Aplikasi Etnomatematika. Jakarta: Penerbit Edukasi Nusantara.

Fitriza, R. (2018). Etnomatematika: Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Padang: UNP Press.

Gerdes, P. (1994). Ethnomathematics and Mathematics Education. In M. Selin (Ed.), Mathematics Across Cultures: The History of Non-Western Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nugroho, H. (2020). Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 133–142.

Purwanto, N. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohim, A., & Sumarmo, U. (2013). Eksplorasi Etnomatematika pada Kegiatan Masyarakat dalam Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12.

Sipahutar, E. F., & Reflina. (2023). Pendidikan dan Kebudayaan dalam Perspektif Multikulturalisme. Bandung: Pustaka Rakyat Mandiri.

Sudjana, D. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarno, F. G. (1994). Pangan Tradisional Indonesia: Prospek dan Strategi Pengembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zulkardi. (2006). Etnomatematika: Konteks Lokal dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Palembang: Universitas Sriwijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i2.9816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id