Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Tebo
Abstract
Keterlibatan siswa yang pasif dalam pembelajaran matematika dan defisit dalam kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi pendorong di balik penelitian ini. Mencari tahu apakah siswa kelas yang menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) lebih mahir dalam memecahkan masalah matematika daripada siswa kelas yang menggunakan teknik pengajaran konvensional adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen murni dengan kelompok kontrol posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa yang dipilih secara acak dari kelas dan SMAN 1 Tebo pada tahun ajaran 2024-2025. Post-test berformat esai digunakan sebagai alat penelitian. Pengujian hipotesis untuk kemampuan memecahkan masalah matematika dievaluasi dengan menggunakan uji-t tidak berpasangan dua sampel. Berdasarkan hasil temuan, siswa kelas yang menggunakan model PjBL jauh lebih baik dalam memecahkan masalah matematika daripada siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (M=40,98, SD=10,78) (M=59,22, SD=12,72). Uji-t menghasilkan t-tabel sebesar 1,64 dan t_hitung sebesar 5,588 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hipotesis diterima karena lebih besar dari , yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika jauh lebih baik dengan model PjBL dibandingkan dengan metode konvensional.
Keywords
References
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Al Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif & Konstektual. Jakarta: Prenada Media Group
Arisanty, D. (2020). Improving Geography Learning through Project-based Learning Model. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(5), 585–594. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i5/pr201723
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta
Doppelt, Y. (2005). Assessment of project-based learning in a Mechatronics context. Journal of Technology Education, 16(2), 7–24. https://doi.org/10.21061/jte.v16i2.a.1
Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas
Hanani, D. U. (2016). Keefektifan Pembelajaran Nht Berbantuan Apm Dengan Asesmen Portofolio Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii. https://lens.org/154-351-016-380-44X
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: PT Refika Aditama
Mairing, J. P., & Aritonang, H. (2018). Penyelesaian Masalah Matematika Berakhir Terbuka Pada Siswa Sma. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.61-70
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nova,Fitria. 2021. Anslisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Penyelesaian Masalah Polya Kelas X IPA 4 SMAN 2 Lengayang
Nurlatifah. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.41
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241
Pratama, A. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. 14(2), 1–59. http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%250Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public-procurement%250Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainabilit
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rezeki Saputri, T. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Tpack Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Barisan.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v8i1.7809
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id