PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KESEBANGUNAN KELAS VII SMP

Repi Prabawani, Nur Asma Riani Siregar, Alona Dwinata

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi pada materi kesebangunanan kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Studi ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi pada materi kesebangunan di SMP telah dilakukan melalui beberapa tahap. Salah satunya adalah validasi oleh ahli media, yang mencapai 83,3% dengan kriteria sangat valid, validasi oleh ahli materi yang mencapai 82,5% dengan kriteria sangat valid, dan validasi oleh ahli bahasa yang mencapai 87,76% dengan kriteria sangat valid. Uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur kepraktisan dan keefektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Uji praktiklitas pendidik didapatkan hasil sebesar 87,27% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas peserta didik didapatkan hasil sebesar 89,71% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan memenuhi kategori valid dan praktis yang menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kesebangunan kelas VII SMP.

Keywords


Pengembangan, bahan ajar, kesebangunan

Full Text:

PDF

References


Batubara, H.H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosakarya

Branch, R.M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer

Depdiknas. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, N. A., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 547-560.

Ekaningtias, P., Fitriani, H., Nurudin, M. N., & Akhodiyah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi pada Materi Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal on Education, 841-847.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Tinjauan Teoritis dan Praktik). Nusa Tenggara Barat: Universitas Hanzamwadi Press.

Hidayatullah, M. A., Afgani, M. W., & Nizar, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX SMP. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 103-113.

Kemdikbudristek. (2023, Maret). Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 Diperpanjang. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pendaftaran-implementasi-kurikulum-merdeka-tahun-ajaran-2023-2024-diperpanjang

Khristiani, H., Susan, E., Purnamasari, N., Purba, M., Anggraeni, & Saad, Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asessmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terpan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munir, N. P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Kontruktivisme dengan Media E-Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 167-178.

Nasir, M. (2015). Analisis Empirik Program Analisis Butir Soal Dalam Rangka Menghasilkan Soal Yang Baik dan Bermutu Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika. Prosiding Semirata, 336-347.

Pratiwi, R.W., & Handayani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Solok. Theorems, 4(10), 101-107.

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 1-8.

Sugiono;. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wasiah, R. (2022, November). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas. https://smasibrahimywongsorejo.sch.id/read/16/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas

Widiastuti, Y., Rifki, M., & Arief, N. F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Artikel Untuk Siswa SMA. NOSI, 74-91.

Zebua,N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educative: Jurnal Pendidikan, 2(10), 229-234. https://doi.org/10.56248/educativeo.v2i1.127

Zein, M., & Darto. (2012). Buku Evaluasi Pembelajaran Matematika. In Jounal of Chemical Information and Modeling (Vol.53, Nomor 9). Daulat Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.7143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id