PENGEMBANGAN SOAL GEMETRI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 20 KOTA BENGKULU KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ada buku khusus soal-soal geometri yang mencakup soal-soal tes lower order thingking skill (LOTS) hingga higher order thingking skill (HOTS) kelas VIII di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang valid dan praktis. Ada berapa soal yang ada di buku paket atau LKS di sekolah soal-soal tersebut hanya menampilkan gambar bentuk geometri dan jawaban soal sehingga peserta didik masih kurang memahami maksud dan tujuan soal oleh karena itu siswa membutuhkan soal-soal geometri yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menggunakan jenis R&D/Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari fase premliminary research, fase prototyiping research, dan fase penilaian. Hasil penelitian yang didapat yaitu buku soal geometri SMP kelas VIII yang disusun berdasarkan LOTS hingga HOTS yang bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai kemampuan tingkat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh 5 orang sebagai validator didapatkan nilai 82 yang berarti soal tes LOTS hingga HOTS ini berada pada karakteria sangat valid, selanjutnya soal tersebut diuji kepraktisannya kepada 22 siswa SMPN 20 Kota Bengkulu yang mendapatkan 77% LOTS yang berada pada karakteria praktis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrrahman, m. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas Sudijono. (2008). Pengatar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Arca. Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Smp Melalui Model Kooperatif Stad Berbantuan Wingeom. Jurnal Ilmiah Edu Research (2014) 3.(1)
Budiarto, M.T. (2000). Pembelajaran Geometri Dan Berpikir Geometri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Mamasuki Milenium Iii”. Jurusan Matematika Fmipa Its Surabaya. Surabaya, 2 November.
Ghani, Agung Abdul, and Rafiq Zukarnaen. (2019). “Studi Kasus Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika : Sesiomadika 2(5):1286–90.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS (higher order thinking skill). Jakarta: Gransido.
Saraswati, Putu Manik Sugiari, and Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2):257.
Sugyono. (2010). Model Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Upi Bandung.
Vika, Aprianti (2013). Pengaruh pengembangan cooperative learning tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi. Journal.hal 2.
Widhiyani, I. A. N. T., I. N. Sukajaya, and G. Suweken. (2019). “Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia 8(2):68–77.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id