Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP

Dahlia Wansurni, Nuralam Syamsuddin, Susanti Susanti

Abstract


Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk mengerti dan memahami sesuatu, pentingnya pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan melalui pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, terdiri dari dua kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa thitung = 11,7 dan ttabel =1,68 maka tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan RME lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Keywords


RME, Kemampuan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal LEMMA, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3006

Hasil Wawancara. (2021).

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Lisnani. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 61–70.

Mikke Novia Indriani, I. (2018). Pembelajaran matematika Realistik dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika dan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2017(81), 210–219. http://www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/100

Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiah. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 3(1), 82–90.

Putri, L. S. A. (2020). Penerapan Bahan Ajar Realistic Mathematic Education ( RME ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Laurinda Salsa Aldina Putri Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(1), 27–29.

Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.37150/jp.v3i1.1132

Sutarto Hadi, M. U. K. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Check). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(April), 59–66.

Sutisna, A. P., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan Rme. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 31–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id