Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix Uptd Smp Negeri 4 Parepare

Muhammad Resky, Abdul Wahab. A, Buhaerah Buhaerah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan pada prosedur Newman.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan 2 jenis instrumen penelitian, meliputi instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri, yang merencanakan, melaksanakan mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, serta melaporkan data penelitian, dan instrumen bantu berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Tes yang digunakan adalah soal-soal materi persamaan kuadrat, sedangkan jenis wawancara yang dilakukan berupa wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan membaca sebesar 0,00%, kesalahan memahami masalah sebesar 40%, kesalahan tranformasi masalah sebesar 66,6%, kesalahan keterampilan proses sebesar 86,6%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 73,3%. Kesalahan siswa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; kuranngya pemahaman akan konsep persamaan kuadrat, lupa materi, tidak fokus, kurang teliti dalam mengalisa dan mengerjakan soal.


Keywords


Analisis Kesalahan, Persamaan Kuadrat, Prosedur Newman.

Full Text:

PDF

References


Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Buhaerah, B. (2022). Scaffolding Through Cognitive Mapping Based on Diagnosing Student’S Difficulties in Solving Problem. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 10(8), 207–220. https://doi.org/10.17478/jegys.1099807

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. Retrieved from www.jurnal.uniga.ac.id

Halim, F. A., Rasidah, N. I., & Prodi, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan soal cerita arimatika sosial berdasarkan prosedur newman ( Analysis of Student Errors in Resolving the Problem of. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35–44.

Mahmudah, I. D., & Sutarni, S. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Bentuk Cerita Berbasis Newman Di Man Salatiga. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–8.

Matthew B. Miles, A. M. H. (1984). Qualitative Data Analysis. In International Legal Materials (Vol. 33). Newbury Park: SAGE Publication. https://doi.org/10.1017/s0020782900036494

Mesiono, & Sahana, W. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.

NCTM. (2014). Algebra as a Strand of School Mathematics for All Students.

Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685

Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i1.1368

Qomariyah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadratditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert Dan Introvert. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.31597/ja.v2i1.135

Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p495-503

Rahmawati, R., & Ikashaum, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 4(2), 102–113. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.499

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Wahab, A. (2022). Diagnosa Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLTV Melalui Pemetaan Kognitif Berbasis Polya dan Upaya Mengatasi dengan Scaffolding. 4(1), 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v5i2.6322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id