Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Barisan dan Deret Kelas X SMAN 1 Bungo Kabupaten Bungo

Tanzila Dwi Zulpani, Anna Cesaria, Dewi Yuliana Fitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan teknologi pada bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Bungo yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu: 1. Preliminary Research 2. Prototyping phase 3. Assesment phase namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap prototyping phase saja dikarenakan keterbatasan waktu dan sumber daya.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi, angket uji satu-satu untuk menilai kepraktisan E-LKPD oleh peserta didik dan pedoman wawancara. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas E-LKPD memperoleh nilai akhir sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan E-LKPD dengan peserta didik memperoleh nilai akhir sebesar 92.1% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL untuk materi Barisan dan Deret telah terbukti valid dan praktis.  


Keywords


E-LKPD, Problem Based Learning, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Cahya, Meiliana Dwi, Yuri Pamungkas, and Elok Nur Faiqoh. 2023. “Analisis Karakteristik Siswa Sebagai Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Kolaborasi Siswa Analysis of Students ’ Characteristic as the Basis for Differentiated Learning to Improved Student Collaboration.” Biologi Dan Pembelajaran Biologi 8(1):31–45. doi: 10.32528/bioma.v8i1.372.

Dwiputri, U., P. Salempa, and S. Sugiarti. 2022. “No Title.” Pengembangan LKPD Elektronik Melalui Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit) 5(2):147.

Febrina, Dinni Shela, and Nur Qomariyah. 2024. “VALIDITAS E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA Validity of Electronic Student Worksheet Based on Guided Inquiry on Excretion System Material to Train Critical Thinking S.” 13(2):481–89.

Gunawan, Rilla Gina, and Aan Putra. 2019. “Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):362–70. doi: 10.31004/cendekia.v3i2.119.

Hapsari, Luciana Zita Retno, and Firosalia Kristin. 2021. “Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(2):651–60.

Hasim, Evi. 2020. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar” 68–74.

Khikmiyah, F. 2021. “Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12.

Nurhidayati, Siti. 2019. “Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 4(4):0–5. doi: 10.36312/jupe.v4i4.995.

Qurniawati, Desti Relinda. 2023. “Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.” C.E.S 195–203.

Riduwan, and Akdon. 2013. Rumus Dan Data Dalam Aplikasi Statistika. edited by Z.Arifin. Alfabeta.

Sari, Ayu Arum, and Dyah Purwaningsih. 2023. “PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ASAM BASA.” Jurnal Ilmiah WUNY 5(2):13–26.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriatna, A. R., Rosinar Siregar, and Hana Diva Nurrahma. 2022. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Matematika Pada Website Liveworksheets Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):4025–35. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2844.

Yaumi, M. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.6310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id