KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bayasut, F. H. (2019). The Effect of Index Card Match Method to The Math Critically Thinking Skill Oriented to Higher Order Thinking Skills (HOTS). Indonesian Journal of Mathematics Education, 2(2), 81. https://doi.org/10.31002/ijome.v2i2.1746
Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382-2390.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019, November). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Halawati, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media Terhadap Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 23. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5318
Halawati, F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (1), 15–29. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.378
Halawati, F., & Hidayati, R. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Generasi Alpha Di Min 7 Kuningan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1861-1871.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.
Hidayati, R., & Halawati, F. (2024). Efektivitas PBL Terintegrasi STEM Ditinjau Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 201-212.
Ilmiyah, Z., Nursit, I., & El Walida, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis Malang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1731-1740.
Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori.Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 135-144
Izzah, A., Maghfiroh Az Zahra, S., & Ibrahim, I. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) . Polynom: Journal in Mathematics Education, 2(1), 1–7.
Lestari, S. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Wajak.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi).
Nur, A. M. ., & Halawati, F. (2022). Analysis of Mathematics Literature Ability in Review of The Personality of Students. International Journal of Advanced Mathematics Education, 3(1). Retrieved from http://amcs-press.com/index.php/ijame/article/view/1159
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.
Ramadhani, M., Sukamto, S., & Damayani, A. T. (2020). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 37-â.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turununan Fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Nurmala, L. M., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2023). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Resiliensi Matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 174–182. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8828
Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliansi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Generatif, 11(2), 70–77.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Perspektif Al Quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.73
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id