KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Firda Halawati, Tatang Sujata, Rahmi Hidayati

Abstract


Kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika di Indonesia masih rendah. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kemampuan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui kemampuan disposisi matematis siswa di SDIT Al-Fattah Kuningan; 2) Mengetahui pembelajaran matematika di SDIT Al-Fattah Kuningan; 3) Mengetahui kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SDIT Al-Fattah Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskripsif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yakni hasil wawancara sebanyak 6 subjek penelitian yang diambil berdasarkan 3 kemampuan, yaitu 2 orang siswa dengan kemampuan tinggi, 2 orang siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 orang siswa dengan kemampuan rendah, serta sumber sekunder yang berupa jurnal dan buku-buku. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan disposisi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDIT Al-Fattah Kuningan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan disposisi matematis siswa kemampuan tinngi dikategorikan baik, siswa kemampuan sedang dikategorikan cukup, dan siswa kemampuan rendah dikategorikan rendah berdasarkan hasil  wawancara kemampuan  disposisi matematis yang terdiri dari 3 dimensi yaitu minat terhadap matematika, percaya diri, dan refleksi diri; 2) Pembelajaran matematika siswa di kelas IV SDIT Al-Fattah Kuningan dikelompokkan dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah, berdasarkan hasil tes kemampuan disposisi matematis yang terdiri dari 2 dimensi soal yaitu bangun ruang dan bilangan pecahan; 3) Kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa di kelas IV SDIT Al-Fattah Kuningan yaitu siswa dengan kemampuan disposisi matematis yang baik memperoleh nilai yang besar, siswa dengan kemampuan disposisi matematis yang cukup baik juga memperoleh nilai yang cukup, sedangkan siswa dengan kemampuan disposisi matematis rendah memperoleh nilai yang kecil.

Keywords


Kemampuan disposisi matematis; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Bayasut, F. H. (2019). The Effect of Index Card Match Method to The Math Critically Thinking Skill Oriented to Higher Order Thinking Skills (HOTS). Indonesian Journal of Mathematics Education, 2(2), 81. https://doi.org/10.31002/ijome.v2i2.1746

Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis kemampuan disposisi matematis pada pembelajaran matematika siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382-2390.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019, November). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan kemampuan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Halawati, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media Terhadap Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 23. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5318

Halawati, F. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (1), 15–29. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.378

Halawati, F., & Hidayati, R. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Generasi Alpha Di Min 7 Kuningan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1861-1871.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung, Indonesia: Refika Aditama.

Hidayati, R., & Halawati, F. (2024). Efektivitas PBL Terintegrasi STEM Ditinjau Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 10(1), 201-212.

Ilmiyah, Z., Nursit, I., & El Walida, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis Malang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1731-1740.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori.Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 135-144

Izzah, A., Maghfiroh Az Zahra, S., & Ibrahim, I. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) . Polynom: Journal in Mathematics Education, 2(1), 1–7.

Lestari, S. (2021). Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Wajak.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi).

Nur, A. M. ., & Halawati, F. (2022). Analysis of Mathematics Literature Ability in Review of The Personality of Students. International Journal of Advanced Mathematics Education, 3(1). Retrieved from http://amcs-press.com/index.php/ijame/article/view/1159

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.

Ramadhani, M., Sukamto, S., & Damayani, A. T. (2020). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 37-â.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD 14 Semperiuk A. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turununan Fungsi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp15-28

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Nurmala, L. M., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2023). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Resiliensi Matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 174–182. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8828

Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliansi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Generatif, 11(2), 70–77.

Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Perspektif Al Quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.73




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id