DESAIN DIDAKTIS FABEL BERBASIS PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI ALJABAR

Wenike Putri Tarizha, Nurul Akmal, Nur Anwar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk baru berupa modul pembelajaran berbasis pemahaman matematika dengan konteks fabel untuk siswa SMP pada materi unsur-unsur dan pengoperasian bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D model Borg dan Gall. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data, (3) Penyusunan modul (Desain, Validasi dan Revisi), (4) Uji validitas pakar, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba lapangan, (7) Revisi produk akhir dan (8) Pembuatan produk massal. Teknik pengumpulan data dan instrumen data meliputi: wawancara, lembar penilaian modul, angket respon siswa dan dokumentasi.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis secara deskriptif yang menerapkan hasil pengembangan produk berupa modul pembelajaran berbasis pemahaman matematika, dengan menggambarkan semua pendapat dari para validator untuk ditarik kesimpulan kelayakan modul. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari validasi oleh dua validator dengan rincian, Validator 1 memperoleh hasil persentase yaitu 83,75% termasuk kategori “Layak” dan hasil Validator 2 dengan persentase yaitu 81,25% termasuk kategori “Layak”. (2) Hasil dari aktivitas belajar siswa selama kegiatan (Uji Coba) di peroleh hasil persentase 85% dengan kategori “Layak”.


Keywords


Desain Didaktis Fabel, Pemahaman Matematika, Aljabar

Full Text:

PDF

References


Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. “Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika” 3, no. 1 (t.t.).

Dedy, E., & Sumiaty, E. (2017). Jurnal Review Pembelajaran Matematika Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. In JRPM (Vol. 2, Issue 1). http://jrpm.uinsby.ac.id

Dewi, H. G., & Suwignyo, H. “Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan”, t.t.

Fauzan Alan, U., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning (Studi Penelitian di SMP Negeri 1 CisurupanKelas VII).

Fauzia, T. A., Juandi, D., & Purniati, T. (2020). Desain Didaktis Konsep Barisan Dan Deret Aritmetika Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas.

Febrinita, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1).

Haqq, A. A., Nasihah, D., Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran Pada Madrasah Tsanawiyah (Vol. 7, Issue 1).

Hidayat, & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15–19.

Irmayanti, P. A., Mukmin, S., & Ansori, A. “Pengaruh Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri Megang Sakti.” Sriwijaya University, 2018.

Malau, S., Lar, S., & Ati, Y. (2022). Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan, 22(2), 116–129. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3994

Malihatuddarojah, D., Charitas, R., & Prahmana, I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8.

Mulyana, E., Turmudi, & Juandi, D. “Model Pengembangan Desain Didaktis Subject Specific Pedagogy Bidang Matematika Melalui Program Pendidikan Profesi Guru.” Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 19, No. 2 (1 Oktober 2014): 141. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.454.

Nur’aeni, L., & Muharram, M. (2016). Desain Didaktis Kemampuan Pemahaman Matematismateri Balok Dan Kubus Siswa Kelas IV SD. Sekolah Dasar, 139–146.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Berkarakter Untuk Siswa SMP. Jurnal SAP, 3(3).

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Handayani, V. D. (2021). Desain Didaktis Konteks Fabel Berbasis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Aljabar. Jurnal Elemen, 7(1), 70–85. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2730

Putra, R. W. Y., Nurwani, N., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 97–102. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133

Putri, D., Manfaat, B., & Haqq, A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. 6(1), 5668. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.5694

Risma, N. A. “Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 1 (30 April 2016). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.

Siti Aisah, L., & Yulianti, K. (2016). M A T H L I N E Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dalam Pembelajaran Matematika Smp. 1(1), 14–22.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Wahyu, R., Putra, Y., & Setiawati, N. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id