Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pengembangan LKPD Berbasis Directed Activities Related To Texts

Gita Kencanawaty, Dedy Yusuf Aditya, Siti Julaeha, Asep Saefullah Kamali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Directed Activities Related To Texts (DARTs) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti model Borg & Gall. Produk LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh ahli matematika, ahli metode pembelajaran, ahli bahasa, dan siswa, serta dilakukan uji coba skala terbatas dan luas. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD ini valid dan layak digunakan dengan persentase kelayakan di atas 80%. Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest, dan hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir kemampuan berpikir kritis matematis siswa (nilai sig. = 0,000). Dengan demikian, penggunaan LKPD berbasis DARTs dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa secara signifikan.

Keywords


LKPD berbasis DARTs, kemampuan berpikir kritis matematis

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573

Fitriana, A., Marsitin, R., & Ferdiani, R. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 92–96. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3764

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Haratua, C. S., Siswanto, U., & Setiono, W. B. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Pengembangan LKPD Berbasis Directed Activities Related To Texts. 2(2). https://doi.org/10.55606/lencana.v2i2.3634

Hutabarat, M., Caswita, C., & Suharsono, S. (2019). Development Learning Design Based on Metacognitive Strategies Oriented to Critical Thinking Skill. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 120–123. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.73

Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., & Yohanie, D. D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 636–649. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.2077

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Pinasthi, M. A., Sriartha, I. P., & Astawa, I. B. M. (2024). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Singaraja. Journal on Education, 6(4), 20599–20611. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6115

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id