Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Mobile Learning Pada Materi Matriks
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika. Inovasi media pembelajaran yang sesuai dapat mendukung tingkat pemahaman peserta didik serta penerapannya dalam pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis mobile learning pada materi matriks yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XII F.7 SMAN 15 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validitas dan angket praktikalitas yang berguna untuk melihat kepraktisan media pembelajaran oleh guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan media pembelajaran 80,1% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dengan guru memperoleh nilai akhir 87,5% dengan kategori sangat praktis. Nilai uji coba satu-satu kepraktisan peserta didik diperoleh persentase 89,81% dengan kategori sangat praktis. Nilai uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berdiferensiasi berbasis mobile learning pada materi matriks dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, Jefri. 2020. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya. Jurnal IT – EDU Vol.4, No.52. Surabaya: Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498
Ayu Sukma Dewi, N. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Universitas Pendidikan Ganesha. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13765
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Feriatna, T. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal LEMMA, 4(1),65–75. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2378
Habeahan, G. (2019). Pembangunan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Perhitungan Pada Matriks. Skripsi S1, tidak diterbitkan, Universitas Pasundan, Bandung
Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Retrieved February 11, 2023, from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategipelaksanaan pembelajaran-berdiferensiasi/
Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55–70.
Purba, Mariati, dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Raharjo, S. 2019. Thunkable Secret. Jawa Tengah: Novo Media
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (L. Smith (ed.); 3rd ed.). Amerika Serikat: Genny Ostertag.
Wannesia, B., Rahmawati, F., Azzahroh, F., Ramadan, F. M., & Agustin, M. E. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 232-234.
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16-25.
Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan, 11(1), 1-8.Bogdan, R., & Biklen, Sari Knopp. (1998). Qualitative research for education : An introduction to theory and methods / Robert C. Bogdan, Sari Knopp Biklen. (3th ed.). London: Pearson A & B.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







