Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Siswa Melalui Model Learning Cycle 5E

Nurul Fatimah, In In Supianti

Abstract


Ketika siswa menggunakan semua keterampilan mereka dengan benar dalam konteks yang tepat, kemampuan berpikir kritis mereka sangat penting untuk memecahkan masalah, membuat kesimpulan, mengumpulkan berbagai kemungkinan, dan membuat keputusan. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa tidak cukup baik. Akibatnya, model Learning Cycle 5E digunakan untuk pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif model ini dalam meningkatkan sikap dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pretes-protes, lembar observasi, dan angket adalah instrumen yang digunakan. Uji Mann-Whitney digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan matematika dengan model Learning Cycle 5E memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada siswa yang diajarkan matematika dengan metode ekspositori. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep, tetapi mereka juga memperoleh keterampilan kritis, analitis, dan pemecahan masalah yang lebih baik. Dengan menggunakan model Learning Cycle 5E, siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar matematika secara interaktif dan kolaboratif.

Keywords


Berpikir Kritis, Sikap Siswa, Model Learning Cycle 5E

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. (2022). Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan representasi matematis. Journal on Education, 4(3), 960-967.

Ardiansyah, A., Safitri, A., & Oktaviani, A. (2023). Belajar dan berkuliner materi aritmetika sosial melalui kegiatan jual beli jajanan tradisional dumbeg. Journal of Didactic Mathematics, 4(1), 24-35.

Asrizal, A., Yurnetti, Y., & Usman, E. (2022). ICT thematic science teaching material with 5e learning cycle model to develop students' 21st-century skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 61-72.

Banu, S., & Mahmood, S. (2019). A study on constructivist teaching approach in mathematics class room. International Journal of Scientific Research in Science and Technology, 6(2), 878-884.

Bortoli, L., Underwood, C., & Thomson, S. (2023). PISA in brief 2022: student performance and equity in education.

Budiyono, A., Hair, M. A., Wildani, A., & Firdausiyah, F. (2020). Pengaruh learning cycle 5e berbantuan permainan monopoli fisika berpoin (mokain) terhadap penguasaan konsep peserta didik SMA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 22–31.

Djadir, D., Upu, H., Hasmullah, H., & Rezky, A. (2021). Model pembelajaran learning cycle 5e (engage, explore, explain, elaboration, evaluate) berbasis daring dalam pembelajaran matematika. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Efgivia, M. G., Rinanda, R. A., Hidayat, A., Maulana, I., & Budiarjo, A. (2021). Analysis of constructivism learning theory. Proceedings of the 1st UMGESHIC International Seminar on Health, Social Science and Humanities (UMGESHIC-ISHSSH 2020).

Handayani, E., Kusnawati, E., Sari, N., Yaniawati, P., & Zulkarnaen, M. (2022). Implementation of geogebra-assisted creative problem-solving model to improve problem solving ability and learning interest students. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-48.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Indrašienė, V., Jegeleviciene, V., Merfeldaitė, O., Penkauskienė, D., Pivorienė, J., Railiene, A., Sadauskas, J., & Valaviciene, N. (2018). The interpretations of the concept of critical thinking. social work, 16(2), 266-278.

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan hasil belajar dan sikap siswa terhadap matematika melalui joyful learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471-482.

Kemdikbudristek. (2023). Siaran Pers: Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Diambil dari

Khan, M., & Ishfaq, U. (2016). Test-score reliability of essay questions in BA examination. global language review, 1(1), 58-65.

Khan, S., & Salman, R. (2020). Influence of mathematics in our daily lives. Arts & Humanities Open Access Journal, 4(2), 50-52.

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan teori belajar konstruktivisme melalui model pakem dalam permainan bola voli pada sekolah menengah pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50-56.

Naufal, H. (2021, January). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 2, pp. 143-152).

Nurmayani. (2020). The analysis of students’ mathematical critical thinking ability through discovery learning models. International Journal of Research and Review, 7(11): 233–241.

Perdana, R. (2019). Perbandingan model pembelajaran learning cycle 5e dengan model tradisional dalam meningkatkan kognitif siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(01).

Pratama, M. (2020). Mathematical critical thinking ability and students’ confidence in mathematical literacy. journal of physics: conference series, 1663(1), 012028.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1(1), 1112-1119.

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). Why are the mathematics national examination items difficult and what is teachers’ strategy to overcome it?. International Journal of Instruction, 10(3), 257-276.

Rosalina, A. D. (2017). Profil pemecahan masalah PISA pada konten change and relationship siswa SMP ditinjau dari kecerdasan linguistik, logis-matematis, dan visual-spasial. MATHEdunesa, 6(3).

Sari, N., Dewi, I., & Surya, E. (2020). Development of learning devices based on model eliciting activities to improve students problem solving ability and mathematical disposition. JEP, 11(2), 122-128.

South, L., Saffo, D., Vitek, O., Dunne, C., & Borkin, M. (2022). Effective use of likert scales in visualization evaluations: a systematic review. Computer Graphics Forum, 41(3), 43-55.

Syafril, S., Aini, N. R., Pahrudin, A., & Yaumas, N. E. (2020). Spirit of mathematics critical thinking skills (cts). Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012069.

Topilova, F., & Kimsanova, G. (2021). School biological education with a focus on world experience. , 25, 198-201.

Widana, I. W., & Widyastiti, N. M. R. (2023). Model learning cycle 5e untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Journal of Education Action Research, 7(2), 176-184.

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N., Pramiarsih, E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(6), 60-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id