Pengembangan E-LKPD Berdiferensiasi Pada Materi Peluang Di Kelas X Fase E SMA Negeri 3 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 3 Padang pada pelajaran matematika khususnya materi peluang belum disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan E-LKPD berdiferensiasi di SMA Negeri 3 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Plomp pada tahap preliminary research dan prototyping phase. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 3 Padang pada peserta didik kelas XI sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi sedangkan teknis analisis data yang dipakai adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validitas E-LKPD sebesar 87,15% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir praktikalitasmsebesar 89,82% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berdiferensiasi pada materi peluang di SMA Negeri 3 Padang dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Bumi Aksara.
Dewi, N. A., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Website Wizer.me Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 2562–2575.
Efendi, R., & Hb, Z. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. 163–174.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1). 149-157.
Nurwahid, M. (2023). Strategi Internalisasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika : Sebuah Pendekatan Inovatif. Journal MATH-EDU:Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 225-236. https://doi.org/ 10.32938/jipm.9.1.2024.444-456
Oktaviani, F., M. Fera., S.Susanti (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMA. Journal MATH-EDU:Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 444-456. https://doi.org/ 10.32938/jipm.9.1.2024.444-456
Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30
Rada, Gusti.., & Fauzan, A. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Topik Peluang di Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): halaman 66-72
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Sugiyono, P.D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan.Ke-12. Bandung: Alfabeta.
Surwatiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94
Triyani, R., Pamungkas, A. S., Anwar, C., Firdos, H., Matematika, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Berdiferensiasi, P. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. 13(1), 34–52.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i2.6240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing and Abstracting by :

Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ndexing by:
Address:
Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu
Phone: (+62)822-8168-8976
Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/
Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id







