Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berbasis Quizizz Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri

Ninik Zuroidah, Putri Nuzul Azizah, Dewi Shinta Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal setara AKM numerasi berbasis quizizz untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini adalah jenis penelitian research and development (RnD).  Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan soal tes AKM Numerasi. Analisis data menggunakan uji validasi tes dan validasi media dan uji reliabilitas dengan rasch model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan butir soal dengan indeks aiken terdapat 3 soal dari 25 soal yang dikembangkan terkategori sangat valid dan 22 soal lainnya terkategori valid. Sedangkan kepraktisan media quizizz diperoleh rata-rata nilai kepraktisannya 85. Hasil analisis reliabilitas 25 soal AKM numerasi dengan rasch model diperoleh nilai Alpha Cronbach adalah 1,54, Person Reability 0,34 dan Item Reliability 0,75. Analisis tingkat kesesuaian butir soal didapatkan bahwa soal nomor 22 tidak sesuai dengan MNSQ nilainya 1,92, point measure correlation nilainya -0,09, dan memenuhi sarat ZSTD dengan nilainya 1,18. Tingkat kesukaran butir soal diperoleh bahwa sebanyak 8 butir soal butir soal nilai logitnya < – 1,49 terkategori sangat mudah dan 17 soal lainnya nilai logitnya pada rentang 1,49 > Nilai > -1,49 terkategori sulit. Analisis tingkat abilitas individu menunjukkan bahwa dua siswa memiliki kemampuan tertinggi dan sedangkan satu siswa memiliki kemampuan rendah.


Keywords


Pengembangan, AKM Numerasi, Quizizz, Rasch Model

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Latif, A., & Yakin, A. A. (2021). Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran.

Aswita, D., Nurmawati, Salamia, Sarah, S., Saputra, S., M.Pd, E. S., Yoestara, M., Fazilla, S., Zulfikar, Putri, Z., Iqbal, M., & Ismail, N. M. (2022). PENDIDIKAN LITERASI: MEMENUHI KECAKAPAN ABAD 21. Penerbit K-Media.

Asyari, A., Saputra, E., Wulandari, W., Nuraina, N., & Listiana, Y. (2024). Pengembangan soal literasi numerasi berbantuan quizizz dengan menggunakan konteks sosial budaya kota tebing tinggi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21648

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2019). LITERASI NUMERASI UNTUK SEKOLAH DASAR. UMMPress.

Ermiana, I., Umar, U., Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SD INKLUSIF DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 895–905. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9101

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.608

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (with Aziz, M., & Nurjaman, N.). (2017). Materi pendukung literasi numerasi (L. A. Mayani, Ed.). Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/

Kemendikbud. (2021). Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Nuha Medika. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=28012

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Ningsih, P. R., Dellia, P., Risnasari, M., Cahyani, L., Rikanawati, R., & Albian, R. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan Media Live Worksheet. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.17885

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568

OECD. (2023). Survey International Program for International Student Assessment (PISA 2022). OECD. https://www.oecd.org/en/about/programmes/pisa.html

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), Article 4. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata Publishing House. https://www.researchgate.net/publication/282673464_Aplikasi_Pemodelan_Rasch_pada_Assessment_Pendidikan

Suratman, B., Wulandari, S. S., & Nugraha. (2017). Relevance of Office Administrative Education and Vocational High School Curriculum to Improve Teacher Learning: Empirical Study from Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 15(8).

Tiban, F. A., Achmad, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar Matematika Buatan Guru di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.11103

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik (9th ed.). Pustaka pelajar. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=11549




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.5608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id