PENGEMBANGAN E-LKPD BERDIFERENSIASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI

Harnof Dimas, Radhya Yusri, Anna Cesaria

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat peserta didik dalam pembelajaran matematika, sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran berdasarkan gaya belajar. Bahan ajar yang digunakan belum membantu peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif dan belajar mandiri sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Project Based Learning yang valid dan praktis pada materi trigonometri, sehingga bisa digunakan sebagai bahan ajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini yaitu: Tahap Analisis (Analysis), Tahap Desain (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap Implentasi (Implementation), dan Tahap Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Fase E SMA Negeri x Guguak. Instrumen yanng digunakan dalam penelitian yaitu angket validitas dan angket praktikalitas yang berguna untuk melihat kepraktisan E-LKPD oleh guru dan peserta didik. Hasil validitas E-LKPD berbasis Project Based Learning sebesar 84,9% dengan kategori sangat valid. Nilai akhir kepraktisan E-LKPD dengan guru memperoleh nilai 90,3% dengan kategori sangat praktis. Nilai akhir kepraktisan pada E-LKPD dengan peserta didik memperoleh nilai 83,9% dengan katgori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Project Based Learning pada materi trigonometri fase E SMA Negeri x Guguak dinyatakan valid dan praktis.

Keywords


Diferensiasi, Project Based Learning, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. Il. B. (2017). Melndelsailn Modell Pelmbellajaran Ilnovatilf, Progrelsilf, Dan Kontelksual. Prelnada Meldila.

Astawan, Il, G, & Agustilana, Il, G, A, T. (2020), Pelndildilkan IlPA Selkolah Dasar. Balil: NIlIlA Cakra

Astutil, W. D. (2016). Pelngelmbangan Bahan Ajar Delngan Pelndelkatan Projelct Baseld Lelarnilng Pada Matelril Program Lilnelar Untuk Silswa Kellas X SMK. Relvilsta CElNIlC. Cilelncilas Bilológilcas, 152(3), 28.

Branch, R. M. (2009). Approach, Ilnstructilonal Delsilgn: Thel ADDIlEl. Delpartmelnt of Elducatilonal Psychology and Ilnstructilonal Telchnology Unilvelrsilty of Gelorgila (Vol. 53).

Failz, A., Pratama, A., & Kurnilawaty, Il. (2022). Pelmbellajaran Belrdilfelrelnsilasil dalam Program Guru Pelnggelrak pada Modul 2.1. Jurnal Basilceldu, 6(2), 2846-2853.

Filrtsanilanta, H., & Khofilfah, Il. (2022). Elfelktilviltas El-Lkpd Belrbantuan Lilvelworkshelelt Untuk Melnilngkatkan Hasill Bellajar Pelselrta Dildilk. Proceleldilngs Melmbangun Karaktelr Dan Budaya Liltelrasil Dalam Pelmbellajaran Tatap Muka Telrbatas Dil SD.

Husnil, T. (2013). Kelmelrdelkakan pelselrta dildilk bellajar mellaluil pelmbellajaran belrdilfelrelnsilasil.

Maydilantoro, A. (2021). Modell-Modell Pelnelliltilan Pelngelmbangan (Relselarch and Delvellopmelnt). Chelmilstry Elducatilon Relvilelw (CElR), 3(2), 185.

Musthafa, A. (2019). Pelngelmbangan Pelrangkat pelmbellajaran Matelmatilka Melnggunakan Modell Koopelratilf Tilpel STAD (Studelnt Telams Achilelvelmelnt Dilvilsilon) Belrbantuan Aplilkasil Lilvelworkshelelt Untuk Melnilngkatkan Hasill Bellajar Silswa.

Oktavilana, El., & Ailma, Z. (2024). Pelngelmbangan El-LKPD Belrbasils Projelct Baseld Lelarnilng ( PjBL ) Belrbantuan Aplilkasil Lilvelworkshelelt Pada Matelril Program Lilnelar Kellas X SMK. 7(1), 31–44.

Panjailtan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pelngelmbangan LKPD Ellelktronilk (El-LKPD) Belrbasils Problelm- Solvilng untuk Melnilngkatkan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatils dan Kelmandilrilan Bellajar Pelselrta Dildilk SMP IlT Ilndah Meldan. Jurnal Celndelkila : Jurnal Pelndildilkan Matelmatilka, 7(2), 1890–1901.

Putril, N. L. P. D., & Astawan, Il. G. (2022). El-LKPD Ilntelraktilf Delngan Modell Projelct Baseld Lelarnilng Matelril Bangun Ruang Kellas V Selkolah Dasar. Jurnal Peldagogil Dan Pelmbellajaran, 5(2), 303-311..

Rachmawatil, N., Marilnil, A., Nafilah, M., & Nurasilah, Il. (2022). Projelk Pelnguatan Profill Pellajar Pancasilla dalam Ilmplelmelntasil Kurilkulum Prototilpel dil Selkolah Pelnggelrak Jelnjang Selkolah Dasar. Jurnal Basilcdu, 6(3), 3613-3625.

Rahayu, R., Rosilta, R., Rahayunilngsilh, Y. S., Helrnawan, A. H., & Prilhantilnil. (2021). Jurnal basilceldu. Jurnal Basilceldu, 5(4), 2199–2208.

Rilduwan, R. (2010). Measurement Scale for Research Variables. Alphabet.

Silrelgar, F, W., Kelsuma, S,. & Nasutilon, A, G. (2024). IlMPLElMElNTASIl Pelmbellajaran Belrdilfelrelnsilasil Produk Belrdasarkan Gaya Bellajar Untuk Melnilngkatkan Krelatilviltas Pelselrta Dildilk . UNARS.

Taufilqurrohman, Suryanil, N., & Suharno. (2017). Pelmanfaatan LKS Dilgiltal Untuk Melnilngkatkan Hasill Bellajar KKPIl dil SMK Nelgelril 1 Gelsil Kabupateln Srageln.pdf (pp. 189–195).

Yusof, A. M., Yusri, R., & Sharina, A. (2024). A Proposed Integration Model of Project Based Learning and Simulation to Improve the Learning Quality. International Journal of Advanced Research in Future Ready Learning and Education, 34(1), 63-76.

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan, 11(1), 1-8.

Yusri, R., Nurmi, N., & Delyana, H. (2019, February). Development of ICT integrated project based learning student worksheet. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032127). IOP Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v7i1.5607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing and Abstracting by :

Creative Commons License
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika is published by Prodi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ndexing by:

 

Address:

Jl.Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu

Phone: (+62)822-8168-8976

Website: https://ftt.uinfasbengkulu.ac.id/

Email :equation@mail.uinfasbengkulu.ac.id